ANIMASI 3 DIMENSI

Pengarang: 

ANIMASI 3 DIMENSI

Penerbit: 

PUSAT PENGEMBANGAN PERFILMAN KEMENDIKBUD

Tahun Terbit: 

2019

Daerah/Wilayah: 
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Rak: 

RKE - 741.5 (740-749)

ISSN/ISBN: 

978-602-61985-8-7

Jumlah Halaman: 
183

Tiga dimensi adalah suatu objek atau ruang yang memiliki panjang,  lebar dan tinggi serta memiliki bentuk. 3D tidak hanya digunakan dalam matematika dan fisika saja melainkan di bidang grafis, seni, animasi, komputer dan lain-lain. Konsep tiga dimensi atau 3D menunjukkan sebuah objek atau ruang memiliki tiga dimensi geografis yang terdiri dari kedalaman, lebar dan tinggi. Sejarah gambar 3D tidak dapat dilepaskan dengan sejarah kemajuan komputer dan teknik pemrograman. Pembuatan film animasi secara teknis berbeda dengan pembuatan film biasa yang live action. Pada film animasi setiap gerak obyek atau tokoh diciptakan oleh para kreatornya. Para pemula yang tertarik untuk mempelajari aplikasi program 3D, yang diperlukan untuk membuat tugas belajar dan lain-lain, selalu bingung pada awalnya untuk memilih program aplikasi mana yang paling baik untuk digunakan dan dipelajari karena dari waktu ke waktu selalu muncul software dengan memiliki ciri khasnya masing-masing. Baik dalam tampilan tools dan plugins. Meskipun setiap software punya kelebihan masing-masing, namun saat ini perkembangan software animasi 3D begitu pesat sehingga antara software satu dengan software lainnya hampir tidak ada perbedaan yang berarti. 3D animasi membutuhkan proses yang relative lebih sederhana dibandingkan 2D animasi (cel animation) karena semua proses bisa langsung dikerjakan dalam satu computer software. Secara garis besar proses 3D animasi bisa dibagi menjadi 4 tahap, yaitu modeling, animating, texturing, rendering.