Katalog Buku

Menampilkan 1 - 16 dari 4035
  • KESENIAN GENGGONG DI KABUPATEN KARANGASEM PROVINSI BALI

    Genggong dibuat dari bahan yang sederhana, yakni dari pelepah enau atau masyarakat Bali mengenalnya dengan pugpug dan diolah sedemikian rupa dengan peralatan yang sederhana pula.

  • SENI PERTUNJUKAN TEBE DI KABUPATEN BELU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

    Pada jaman dahulu Tebe berfungsi sebagai sarana para pria lajang untuk mencari jodoh lewat alunan-alunan pantun, dan dibalas juga dengan pantun oleh pihak perempuannya serta bisa dilaksanakan semalam suntuk.

  • MANDOLIN DI DESA PUPUAN KABUPATEN TABANAN

    Keberadaan Mandolin sempat mengalami pasang surut. Sebagai musik tradisi, Mandolin telah memiliki sumbangan besar dalam memperkaya serta memberikan identifikasi terhadap karawitan Bali.

  • TRADISI BAREMPUK DI DESA KAKIANG KECAMATAN MOYO HILIR KABUPATEN SUMBAWA NUSA TENGGARA BARAT

    Barempuk  atau yang juga dikenal dengan Beranak dan Bawi ini merupakan permainan tradisional rakyat etnis Samawa di Pulau Sumbawa.

  • PENGKAJIAN KESENIAN TARIAN KATAGA DI KABUPATEN SUMBA BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

    Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, salah satu wujud kekayaan budaya tersebut adalah seni tari.  Salah satu kekayaan budaya seni tari yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Tari Kataga.

  • KAJIAN NILAI TRADISI KUMPUL KOPE PADA MASYARAKAT KAMPUNG CANCAR DI KABUPATEN MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR

    Kumpul Kope adalah satu bentuk tradisi yang dilakukan oleh warga masyarakat Cancar sebagai bentuk solidaritas masyarakat dalam rangka mendukung kemajuan pendidikan di Desa Cancar, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

  • GUNUNG TAMBORA DALAM SEJARAH DAN MITOLOGI MASYARAKAT DOMPU PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

    Dahsyatnya letusan Tambora yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa telah menjadi referensi penting bagi ilmu pengetahuan dalam memahami fenomena alam.

  • TARI JANGER DI PROVINSI BALI

    Tari Janger merupakan genre seni balih-balihan Bali yang menarik dan memiliki akar tradisi tari sosial yang sudah hampir punah. Sebagai sebuah tari kelompok, gerak janger akan sama sesuai dengan tari yang dibawakan demikian juga dengan kecaknya.

  • TRADISI LISAN NATONI DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA, NUSA TENGGARA TIMUR

    Tradisi natoni pada masyarakat Timor Tengah Utara, khususnya di Kecamatan Insana Tengah, masih memegang tradisi natoni dengan baik.

  • ORIENTALISME MENGGUGAT HEGEMONI BARAT DAN MENDUDUKKAN TIMUR SEBAGAI SUBJEK

    Dalam buku Orientalisme Menggugat Hegemoni Barat dan Menundukkan Timur Sebagai Subjek ini penulis seolah menegaskan bahwa, hanya dengan mengkaji teks-teks orientalis melalui operasi diskursif yang berlangsung didalamnya, bisa menyingkap relasi ideologis yang terdapa

  • SEJARAH WILAYAH PERBATASAN KEPULAUAN NATUNA MUTIARA DI UJUNG UTARA

    Pembahasan kawasan perbatasan merupakan hal yang sering mengemuka karena berkait dengan masalah kedaulatan sebuah negara.

  • SEJARAH BARU TARUNG

    Buku Sejarah Baru Tarung secara implisit ingin menggambarkan bagaimana rumah adat dan adat rumah masyarakat Sumba secara kontemporer.

  • LEGENDA, ADAT, DAN BUDAYA DAYAK KANTUK SERTA SEJARAH SINGKAT KEBANGKITAN DAYAK KALIMANTAN BARAT

    Buku yang ditulis L. H.

  • KAMUS KANTUK - INDONESIA

    Bahasa Dayak Kantuk merupakan salah satu bahasa daerah yang dituturkan di Kalimantan Barat. Bahasa ini tersebar luas di Kabupaten Kapuas Hulu. Secara khusus kamus ini diperuntukkan bagi masyarakat Kantuk yang ingin memahami bahasa Indonesia dalam bahasa Kantuk.

  • METODOLOGI PENELITIAN KAJIAN BUDAYA DAN ILMU SOSIAL HUMANIORA PADA UMUMNYA

    Buku Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya ini dengan pertimbangan sebagai berikut. Pertama, sebagai ilmu mengenai metode, metodologi menyangkut semua permasalahan penelitian, sejak dimulai sampai selesai.

  • SEJARAH, ETNISITAS, DAN KEBUDAYAAN BANJAR

    Perihal mengenai etnisitas, sejarah, dan budaya Banjar yang menjadi tema sentral dari seluruh tulisan pada buku Sejarah, Etnisitas, dan Kebudayaan Banjar ini telah menyita perhatian penulis.