Katalog Buku

Menampilkan 1 - 16 dari 4491

RITUAL ADAT DAN CERITA RAKYAT DAYAK HALONG

Buku Ritual Adat dan Cerita Rakyat Dayak Halong pada ruas satu bertajuk “Ihwal Dayak Halong” memuat tentang Etnografi Dayak Halong dan asal usul Kampung Halong.

BUNGA RAMPAI TERJEMAHAN KOLEKSI BUKU LANGKA TENTANG PERKEBUNAN DAN TANAMAN PANGAN

Memasuki era kolonialisme, situasi perkebunan di nusantara mulai menunjukkan dinamikanya. Dimana sebagian besar area perkebunan dikelola oleh pemerintah kolonial/swasta (pengusaha asing) dengan berorientasi pada komoditas pasar eropa.

MAMBANGKIT BATANG TARANDAM WAWARIS JURIAT BANUA  KAMBANG RAMPAI PUISI PANYAIR KALIMANTAN SELATAN

Dengan kegiatan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVIII Kabupaten Balangan Tahun 2021 dan terbitnya buah karya berupa buku  sastra yang berjudul Mambangkit Batang Tarandam Wawaris Juriat Banua (Kambang Rampai Puisi Aruh Sastra Kalimantan Selatan XVIII), dapat me

MARANTING MARGA KAMIRAWAAN BULAN GUGUR DI ASUHAN DATU KANDANG HAJI  KALUMPU PAMBAIKNYA BAHARATAN MAULAH KISAH RAKYAT BALANGAN

Dengan kegiatan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVIII Kabupaten Balangan Tahun 2021 dan terbitnya buah karya berupa buku  sastra yang berjudul Maranting Marga Kamirawaan Bulan Gugur di Asuhan Datu Kandang Haji (Kalumpu Pambaiknya Baharatan Maulah Kisah Rakyat

SYAIR GANDUT PAMALI DATU BAKSA KAMBANG  KALUMPU PAMBAIKNYA BAHARATAN MAULAH SYAIR BANJAR

Dengan kegiatan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVIII Kabupaten Balangan Tahun 2021 dan terbitnya buah karya berupa buku  sastra yang berjudul Syair Gandut Pamali Datu Baksa Kambang (Kalumpu Pambaiknya Baharatan Maulah Syair Banjar), dapat menjadi tambahan lit

JEJAK PERADABAN : KERAJAAN DI KALIMANTAN

Berbicara masalah kerajaan yang ada di Kalimantan, tidak lepas dari proses Islamisasi di Pulau Kalimantan. Ada empat kerajaan besar yang menajdi bukti agama Islam masuk dan berkembang di wilayah Kalimantan, dan sampai saat ini tercatat dalam sejarah.

LAMBANG-LAMBANG DAERAH SE PROPINSI KALIMANTAN SELATAN

Lambang-lambang pemerintahan daerah baik Tingkat I, II maupun Kotamadya pada dasarnya merupakan pencerminan atau cukilan dari kebudayaan daerah yang bersifat khas Kalimantan yang mana kebudayaan daerah tersebut merupakan sumber daripada Kebudayaan Nasional.

PELAYARAN DAN PERNIAGAAN NUSANTARA ABAD KE 16 DAN 17

Dalam buku yang berjudul Pelayaran dan Perniagaan Nusantara Abad Ke 16 dan 17 yang ditulis oleh  Adrian B.

ALAT MUSIK TRADISIONAL NIAS

Manusia mengekspresikan rasa keindahan yang ada dalam jiwanya melalui ukiran, pahatan, tari, dan berbagai pesta adat lainnya. Tetapi melalui musik, orang dapat mengekspresikan rasa keindahan yang ada dalam dirinya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

BUDAYA MANDAILING

Mandailing adalah sebuah suku bangsa yang memiliki identitas yang utuh. Nama Mandailing diyakini berasal dari kata “Mandala-Holing”, mengacu kepada suatu kerajaan yang sudah ada jauh sebelum abad ke-12.

KAJIAN NORMA ADAT GAYO DALAM FILSAFAT MANUSIA

Dalam kajian norma Adat Gayo pada buku “Filsafat Manusia” ini penulis fokus membahas tentang sistem nilai dasar budaya Gayo, yakni nilai dan konsep , tertib, mukemel, mulie, sumang, jis, jengkat, madu ni edet.

MUNCULNYA NASIONALISME ACEH :  DARI LAHIRNYA GAM SAMPAI OPERASI  NANGGALA (1976-1982)

Munculnya gerakan separatisme di Aceh sejak Teungku Hasan di Tiro memproklamasikan kemerdekaan Aceh pada 3 Desember 1976 telah melahirkan konflik awal di Aceh akibat dari pembangunan pemerintah pusat yang dijalankan oleh pemerintah Orde Baru yang sentralistik dan tidak menampun

TARIAN PENCAK SILAT DARI PAKPAK TATAK MOCCAK

Perpaduan antara seni bela diri dan seni tari juga terjadi pada masyarakat Pakpak dalam bentuk tatak moccak.

TRADISI MEMBUKA LAHAN DI LANGKAT MULAKA NGERBAH

Suatu tradisi muncul dan berkembang dalam kehidupan masyarakat biasanya dipengaruhi oleh faktor alam dan lingkungan hidup dan juga ketergantungan masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup. Salah satu upaya pemenuhan kebutuhan hidup adalah bertani.

DO KARIM SASTRAWAN TRADISI HIKAYAT

Do Karim dengan nama aslinya Abdul Karim, satu diantara sejumlah sastrawan yang mengambil peran perlawanan terhadap kolonial Belanda melalui jalur sastra, khususnya Hikayat Perang yang bertujuan untuk memompa semangat para pejuang Aceh ked an di medan juang.

TINUKTUK MAKANAN BERKHASIAT DARI RAMUAN REMPAH-REMPAH

Tinuktuk atau siralada berkaitan dengan panganan maupun kesehatan. Tinuktuk, pada satu sisi adalah panganan tradisional yang disajikan dalam bentuk makanan maupun minuman, sedangkan pada sisi lain berkaitan dengan kesehatan tradisional (etnofarmakologi).