Katalog Buku

Menampilkan 1 - 16 dari 4423

INVENTARISASI PERLINDUNGAN KARYA BUDAYA KULINER SE’I DI KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Pengasapan adalah salah satu teknologi yang telah dilakukan oleh nenek moyang masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk mempertahankan kualitas daging sapi.

WARISAN BUDAYA TAKBENDA (W B T B) PROVINSI SUMATERA SELATAN

Begitu beragam dan besarnya kekuatan Warisan Budaya Takbenda yang dimiliki oleh masyarakat di Sumatera Selatan.

BARONG LANDONG DARI PERMAINAN RAKYAT MENJADI IKON KOTA BENGKULU

Kesenian merupakan salah satu unsur budaya yang paling menonjol, dan kesenian itu sendiri terdiri dari banyak cabang serta macamnya. Kota Bengkulu merupakan ibukota Propinsi Bengkulu yang memiliki beragam suku bangsa dan budaya baik suku bangsa asli dan pendatang.

SAMPAN BOLEANG PASISIA

 Sampan boleang terdapat tiga jenis, yaitu (pertama), Sampan yang digunakan oleh nelayan dengan alat tangkap jaring bisanya ukuran kecil.

UPACARA PERKAWINAN DI NAGARI SINTUK KECAMATAN SINTUK TOBOH GADANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Daerah Pariaman secara umum dan Nagari Sintuk khususnya merupakan wilayah yang memiliki keunikan tersendiri dalam pelaksanaan upacara perkawinan, dimana seorang mempelai lelaki (marapulai) mesti dijemput secara adat dengan adanya uang jemputan (japuik) dan uang hila

RUMAH GADANG KAJANG PADATI DI KOTA PADANG

Kota Padang salah satu daerah pesisir di Sumatera Barat, masyarakatnya memiliki rumah gadang yang merefleksikan kehidupan sosial budaya sehari-hari.

SATE DI SUMATERA BARAT

Sumatera Barat dikenal dengan salah satu negeri yang bersahaja, bukan hanya dari keindahan alam dan budayanya melainkan kuliner juga merupakan salah satu daya tarik wisata ke daerah ini.

TARI TURAK PADA SUKU RAWAS DI KABUPATEN MUSI RAWAS DI KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN

Musi Rawas sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan merupakan tempat berdiam orang Rawas. Di Musi Rawas terdapat berbagai macam kesenian, salah satunya yatitu Tari Turak atau Tari Bambu.

 WARISAN BUDAYA TAKBENDA (W B T B) PROVINSI SUMATERA BARAT BAGIAN  I

Di dalam historiografi Minangkabau tradisional, tambo dijelaskan bahwa alam Minangkabau terdiri dari dua wilayah utama yaitu Luhak dan Rantau. Secara adat, batas geografis Minangkabau dibagi kedalam dua wilayah utama yang disebut Darek, Pasisie dan Rantau.

RUMAH GADANG SUMPUR :  WARISAN ARSITEKTUR TRADISIONAL MINANGKABAU

Masyarakat Nagari Sumpur berkelarasan Bodi Chaniago, terkelompok kedalam empat suku, yaitu Panyalai, Koto, Sumagek, dan Jambak.

WARISAN BUDAYA TAKBENDA (W B T B) PROVINSI SUMATERA BARAT

Sumatera Barat yang mayoritas dihuni oleh etnik Minangkabau dan etnik lainnya merupakan salah satu provinsi yang kaya akan khazanah budayanya.

SUKU ANAK DALAM (SAD) DI KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT

Suku Anak Dalam (SAD) merupakan salah satu suku bangsa yang mendiami kawasan hutan dan memanfaatkan hutan sebagai tempat tinggal dan sumber mata pencaharian mereka. Berbagai konsep yang diberikan terhadap kelompok ini sepert Orang Kubu, Orang Rimba, dan Suku Anak Dalam.

KEKAYAAN WARISAN BUDAYA DALAM NASKAH

Buku dalam bentuk bunga rampai dengan judul Kekayaan Warisan Budaya Dalam Naskah ini merupakan kumpulan tulisan dari hasil penelitian.

MENELISIK KEKAYAAN TRADISI MASYARAKAT

Buku yang berbentuk bunga rampai ini berjudul Menelisik Kekayaan Tradisi Masyarakat. Terdapat 4 (empat) tulisan dalam buku yang meretas tentang kekayaan tradisi masyarakat ini.

ATURAN-ATURAN TRADISIONAL : BASIS PENGELOLAAN TAMAN NASIONAL DANAU SENTARUM

Buku yang berjudul Aturan-aturan Tradisional : Basis Pengelolaan Taman Nasional Danau Sentarum ini menguraikan keunikan dan berbagai permasalahan pengelolaan sumberdaya perairan dan hutan pada Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS).

HUKUM ADAT TANAH PADA MASYARAKAT DAYAK BENUAQ DI KABUPATEN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR

Pengolahan atau pengusahaan atas tanah yang belum pernah atau tidak pernah diolah atau diusahakan oleh orang lain atau dengan kata lain orang tersebut merupakan orang pertama dalam mengolah atau membuka hutan yang akan dijadikan ladang, maka orang tersebut yang mempunyai hak at