Katalog Buku

Menampilkan 1 - 16 dari 4443

SUMANG DAN KEMALI

Sumang dan Kemali adalah merupakan dua kalimat yang mempunyai arti yang berbeda.

BUKHARI AL - JAUHARI  ULAMA DAN SASTRAWAN TELADAN BAGI PEMIMPIN

Bukhrari Al-Jauhari merupakan seorang ulama dan sastrawan yang di kenal dengan karya karyanya. Bukhari Al -Jauhari juga merupakan orang yang pertama kali dapat mengharumkan nama kesultanan yang ada di Aceh.

BENDANG  KUMPULAN TULISAN SEJARAH DAN BUDAYA

Budaya yang telah ada di Indoneaia sangatlah perlu untuk di lestarikan apalagi di zaman sekarang yang serba alat canggih.

PENGOBATAN TRADISIONAL PADA MASYARAKAT PEDESAAN DI KALIMANTAN BARAT

Kemajuan dan perkembangan cara cara pengobatan moderen telah menjadi bukti berhasilnya penerapan ilmu pengatahuan dan teknologi. Pemerintah bahkan mendorong penggunaan obat-obat tradisional yang lazim di sebut jamu.

MEMBANGUN MANUSIA SEUTUHNYA TAHAPAN EVOLUSI SPIRITUAL KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA

Kesadaran manusia seutuhnya dalam menjalankan keutuhan Yang Maha Esa sangat diperlukan sikap dalam memayu hayuning bawana, karena kesadaran tersebut merupakan kesadaran tertinggi dalam kerohanian yang akan sangat bermanfaat dalam melakukan kehidupan sebagai masyarakat Indonesia

KIPRAH NELAYAN AIR BANGIS DALAM USAHA PENGEMBANGAN PERIKANAN DAN PELAYARAN DI AIR BANGIS  

Dalam lintasan sejarah bandar Air Bangis pada awal abad ke 19 merupakan salah satu pusat perdagangan di pantai barat Sumatra.

PENGUATAN KEHIDUPAN KARAKTER DI ACEH TEKS DAN KONTEKS NASKAH BAYAN AL-ADAB  

Tradisi penulisan, penyalinan dan persebaran naskah naskah keagamaan di dunia melayu indonesia memiliki hubungan kait dengan proses islamisasi yang terjadi.

PENGETAHUAN TRADISIONAL MASYARAKAT DAYAK MAANYAN SEBAGAI TANGGAPAN AKTIF TERHADAP LINGKUNGAN

Sebagai masyarakat petani peladang, hutan dan tanah bagi masyarakat Dayak Maanyan tentunya memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupannya.

ARSITEKTUR TRADISIONAL DAERAH LAMPUNG

Berbagai jenis bangunan yang bentuk struktur, fungsi, ragam hias dan cara pembuatannya diwariskan secara turun temurun serta dapat dipakai untuk melakukan aktivitas kehidupan dengan sebaik-baiknya.

ARSITEKTUR TRADISIONAL KAMPUNG SINAR RESMI KABUPATEN SUKABUMI JAWA BARAT

Rumah di Kasepuhan Sinar Resmi dikenal dengan istilah imah atau dalam bahasa halusnya disebut bumi. Rumah dibedakan dalam dua macam bentuk atap yang menjadi ciri rumah-rumah di Kasepuhan Sinar Resmi, yaitu bentuk atap jingjing regis dan julang ngapak.

ARSITEKTUR TRADISIONAL MASYARAKAT PENDHALUNGAN PROVINSI JAWA TIMUR

Jember adalah satu dari sejumlah daerah yang berada di kawasan tapal kuda, yaitu kawasan yang membentuk huruf “U”. Dari segi budaya, kawasan tapal kuda merupakan tempat bertemunya (berinteraksinya) antarpendukung budaya yang berbeda, yaitu budaya Jawa dan Madura.

SENJATA TRADISIONAL DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

Mengingat bahwa suatu kebudayaan apalagi di zaman sekarang ini tidak dapat mengelak dari kontak-kontak terhadap kebudayaan asing, ditambah dengan sifat kebudayaan itu sendiri yang dinamis, maka apa yang dikategorikan sebagai senjata tradisional tidak hanya senjata yang telah la

DAPUR DAN ALAT-ALAT MEMASAK TRADISIONAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kondisi dapur tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya kurang memperhatikan aspek kebersihan. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh kesadaran terhadap kesehatan masih kurang.

ISI DAN KELENGKAPAN RUMAH TANGGA TRADISIONAL MENURUT TUJUAN, FUNGSI DAN KEGUNAAN DAERAH JAMBI

Dalam mengisi kelengkapan rumah tangga, masyarakat di Kecamatan Indrapuri ini pada umumnya setiap keluarga mengutamakan terlebih dahulu dengan benda-benda yang berhubungan dengan kebutuhan pokok, seperti makanan dan pakaian.

ISI DAN KELENGKAPAN RUMAH TANGGA TRADISIONAL MENURUT TUJUAN FUNGSI DAN KEGUNAANNYA PROPINSI DAERAH ISTIMEWA ACEH

Dalam mengisi kelengkapan rumah tangga, masyarakat di Kecamatan Indrapuri ini pada umumnya setiap keluarga mengutamakan terlebih dahulu dengan benda-benda yang berhubungan dengan kebutuhan pokok, seperti makanan dan pakaian.

NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PERIBAHASA DI KABUPATEN BANGKA TENGAH

Peribahasa merupakan cermin dari peradaban sekaligus lambang jati diri masyarakat Melayu. Kedudukan peribahasa dalam masyarakat Melayu Bangka Tengah untuk menghindari kata-kata yang kasar ketika menyampaikan buah pikirannya kepada orang lain.