Katalog Buku Kalimantan Utara

Menampilkan 1 - 8 dari 8
  • JATUNG UTANG KESENIAN TRADISIONAL  DARI KALIMANTAN UTARA

    Jatung Utang merupakan alat musik Dayak Kenyah di Kepulauan Kalimantan. Di  Provinsi Kalimantan Utara seni musik hanya digunakan sebagai pengiring suatu tarian ataupun upacara adat.

  • SISTEM PERAWATAN KESEHATAN SECARA TRADISIONAL PADA MASYARAKAT TIDUNG DI DESA SALIMBATU KALIMANTAN UTARA

    Desa Salimbatu terletak di Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Di desa ini terdapat pusat kesehatan masyarakat yang cakupan pelayanannya melingkup 3 desa, yakni Desa Salimbatu, Silva Rahayu dan Tanjung Buka.

  • POLITIK DAN EKONOMI PERDAGANGAN BULUNGAN PADA ABAD XIX - XX (1878 - 1942)

    Periode 1878 hingga 1905 merupakan masa ketika secara perlahan Kesultanan Bulungan terintegrasi kedalam struktur dominasi politik dan ekonomi colonial melalui proses pasifikasi Hindia Belanda khususnya untuk wilayah luar Jawa.

  • PAKAIAN ADAT SEBAGAI IDENTITAS ETNIS :  REKONSTRUKSI IDENTITAS SUKU TIDUNG ULUN PAGUN

    Suku Tidung lebih dikenal sebagai suku Dayak yag telah beragama Islam. Namun di antara suku Tidung terdapat kelompok masyarakat yang mengidentifikasikan dirinya bukan Dayak dan menyebut dirinya sebagai Tidung Ulun Pagun.

  • TATA KRAMA PADA SUKU TIDUNG DI TARAKAN KALIMANTAN UTARA

    Tidung adalah suku asli Kalimantan atau bagian dari Dayak, selain itu, nama Tidung juga menunjuk kepada sebuah kerajaan yang kental dengan nuansa ke-Islaman.

  • DARI PEMUKIMAN MUARA MENUJU PELABUHAN SAMODRA TARAKAN 1878-1942

    Tarakan berkembang menjadi daerah yang cukup dikenal melalui proses panjang, Kekayaan alamnya menjadi bagian dari identitas daerah. Minyak bumi menjadi bagian dari perkembangan itu.

  • JEJAK ARKEOLOGI DI WILAYAH PERBATASAN UTARA KALIMANTAN

    Buku Jejak arkeologi di wilayah perbatasan utama Kalimantan ini menyajikan hasil telaah arkeologi sejarah di wilayah Kabupaten Nunukan yang merupakan daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia.

  • AKSESIBILITAS TENURIAL DAN TRADISI PENGELOLAAN LAHAN SAWAH DATARAN TINGGI DI KRAYAN

    Sawah menjadi satu-satunya objek hak perorangan dalam sistem tenurial masyarakat yang paling konkrit, dan lebih mencirikan adanya tradisi-tradisi pengolahan lahan, daripada tradisi pemanfaatannya di masyarakat.