Katalog Buku Gorontalo

Menampilkan 1 - 11 dari 11

SEJARAH SOSIAL POLITIK KERAJAAN BUOL (1828-1942)

Kerajaan Buol mempunyai hubungan interaksi dengan kerajaan-kerajaan sekitarnya, khususnya Kerajaan Gorontalo, Limboto, Kaidipang, dan tolitoli.

PELAYARAN DAN PERDAGANGAN GORONTALO ABAD KE-18 DAN 19

Jaringan perdagangan yang dinamis dengan tersedianya komoditas terutama emas dan kopra telah menarik banyak pedagang dan beberapa diantaranya mendirikan perusahaan dagang di Gorontalo.

GORONTALO  TANTANGAN DAN KEBIJAKAN SOSIAL, POLITIK DAN EKONOMI KOLONIAL BELANDA

Pertumbuhan awal Kerajaan Gorontalo dibentuk melalui sistem demokrasi, melalui proses pengangkatan raja dilakukan pemilihan oleh para bate dan dalam pelaksanaan pemerintahannya mendapat pengawasan dari Bantayo Poboqide.

UNSUR-UNSUR KARAKTER BANGSA DALAM TRADISI-LISAN GORONTALO TAHULI DAN TAHUDA

Sastra lisan tahuli dan tahuda merupakan dua ragam tradisi lisan yang didukung oleh komunitas adat Gorontalo yang telah tumbuh dan berkembang dari satuan-satuan komunitas yang disebut linula.

SEJARAH PENDIDIKAN DI GORONTALO

Masyarakat Gorontalo telah mengalami berbagai bentuk sistem pendidikan. Dinamika pendidikan membawa perubahan akibat pengaruh politik kekuasaan.

MOLAPI SARONDE DALAM ADAT PERKAWINAN GORONTALO

Molapi Saronde secara harfiah terdiri atas kata molapi artinya menjatuhkan salentangi (selendang) yilonta (wewangian yang terbuat dari aneka kembang dan dedaunan rempah-rempah yang dicampur dengan minyak kelapa), selanjutnya disebut Saronde.

NELAYAN DAN PERUBAHAN RUANG DI PESISIR UTARA GORONTALO

Penangkapan ikan oleh masyarakat pesisir di wilayah Gorontalo, khususnya di sekitar pelabuhan Anggrek Gorontalo Utara, sangat ditentukan oleh daya tahan dan tingkat adaptasi nelayan dalam menghadapi banyak perubahan, termasuk diantaranya perubahan-perubahan lingkungan pesisir,

MENGENAL TARIAN DANGISA

Tarian Dangisa merupakan salah satu tarian yang diciptakan oleh kakak kandung Raja Gobel yang ketika kembali ke Tapa dari penobatannya di ternate pada abad ke 17 atau lebih kurang 300 tahun yang lalu.

FUNGSI KESENIAN MUSIK TRADISIONAL PADA MASYARAKAT GORONTALO

Musik tradisional merupakan salah satu bagian seni budaya yang dimiliki masyarakat etnis Gorontalo yang perlu dikembangkan keberadaannya di tengah masyarakat karena memiliki berbagai fungsi baik fungsi sakralnya maupun fungsi sekuler.

UPACARA ADAT PROPINSI GORONTALO

Paduan nuansa adat dan agama dalam kehidupan masyarakat Gorontal, merupakan profil sebuah masyarakat yang sangat kental dalam mengapresiasi terhadap tradisi budaya dan keyakinan agamanya.

TRADISI TUMBILOTOHE PADA MASYARAKAT GORONTALO SUATU KAJIAN NILAI

TRADISI TUMBILOTOHE PADA MASYARAKAT GORONTALO SUATU KAJIAN NILAI