Katalog Buku Kepulauan Riau

Menampilkan 1 - 16 dari 29

NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PERIBAHASA DI KABUPATEN BANGKA TENGAH

Peribahasa merupakan cermin dari peradaban sekaligus lambang jati diri masyarakat Melayu. Kedudukan peribahasa dalam masyarakat Melayu Bangka Tengah untuk menghindari kata-kata yang kasar ketika menyampaikan buah pikirannya kepada orang lain.

TEPAK SIRIH DI TANAH MELAYU

Tanjungpinang merupakan salah satu wilayah yang masuk ke dalam wilayah Sumatera. Di Tanjungpinang banyak memiliki budaya yang unik. Misalnya saat menerima tamu. Selain menghidangkan makanan dan minuman, disini juga menyajikan sirih.

PETUALANGAN DI PULAU PENYENGATPETUALANGAN DI PULAU PENYENGAT

Pulau Penyengat adalah pulau yang sangat bersejarah. Di pulau ini banyak sekali terdapat peninggalan sejarah, cagar budaya, serta makam pahlawan nasional Raja Ali Haji Fisabilillah.

KISAH KESATRIA MELAYU LAKSAMANA HANG TUAH

Sebelum abad ke-15, di kaki Gunung Bintan berdiri sebuah Kerajaan Bintan. Pada msa itulah, di Kampung Duyung lahir seorang anak yang diberi nama Hang Tuah. Hang adalah sebutan bagi laki-laki Melayu zaman dulu.

SEJARAH WILAYAH PERBATASAN KEPULAUAN NATUNA MUTIARA DI UJUNG UTARA

Pembahasan kawasan perbatasan merupakan hal yang sering mengemuka karena berkait dengan masalah kedaulatan sebuah negara.

BERITA PENELITIAN ARKEOLOGI NO.32

Pada  Berita Penelitian Arkeologi No. 32 mengangkat judul Ekskavasi Dan Kajian Manajemen Arkeologi Situs Bukit Kerang Kawal Darat di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

KAJIAN DIKIR BARAT DI BATAM

Keberadaan kesenian dikir barat merupakan salah satu seni tradisi yang tumbuh dan berkembang di Batam, dan ini sangat digemari oleh masyarakat Melayu disana. Kesenian dikir barat telah menjadi milik etnis Melayu di Batam secara turun temurun hingga saat ini.

SENI BUDAYA MELAYU KABUPATEN BINTAN

Indonesia mempunyai beragam kesenian tradisional yang pada nilai, bentuk, dan fungsi yang berakar pada lokalitas daerah. Melemang dan Silat Melayu adalah sedikit contoh kesenian tradisional yang masih bertahan.

HIKAYAT PENERANG HATI (KAJIAN NASKAH KUNO)

Hikayat Penerang Hati bersifat didaktif yaitu mengandung unsur pengajaran dan pendidikan moral kepada masyarakat tradisi. Dalam hikayat ini bersifat nasihat, pengajaran, teladan yang sangat berguna sebagai panduan ke arah kesejahteraan hidup masyarakat.

NASEHAT PERKAWINAN DAN PERGAULAN DALAM SYAIR NASEHAT (KAJIAN NASKAH KUNO)

NASEHAT PERKAWINAN DAN PERGAULAN DALAM SYAIR NASEHAT(KAJIAN NASKAH KUNO)

KAMP SINAM PULAU GALANG: POTENSI WISATA SEJARAH YANG TERABAIKAN

KAMP SINAM PULAU GALANG: POTENSI WISATA SEJARAH YANG TERABAIKAN

MEMUDARNYA MASYARAKAT TRADISIONAL KASUS KAMPUNG MELAYU

MEMUDARNYA MASYARAKAT TRADISIONAL KASUS KAMPUNG MELAYU

DINAMIKA PERMAINAN ANAK-ANAK DI KOTA TANJUNG PINANG

DINAMIKA PERMAINAN ANAK-ANAK DI KOTA TANJUNG PINANG

PELALAWAN : DARI PEKANTUA KE KABUPATEN PELALAWAN

Wilayah Kabupaten Pelalawan sekarang ini, berawal dari Kerajaan Pekantua yang didirikan oleh Maharaja Indera (sekitar tahun 1980 M).

RAMPAI BUDAYA MELAYU

RAMPAI BUDAYA MELAYU