Katalog Buku Sulawesi Tenggara

Menampilkan 1 - 16 dari 20

TARI DALAM PERSPEKTIF BUDAYA LOKAL

Kebudayaan Indonesia lahir dan berkembang seiring dengan perubahan manusia sebagai pelaku budaya. kebudayaan itu terdiri dari 3 (tiga) wujud yaitu ide atau gagasan, tindakan atau perbuatan, dan benda atau artefac.

TEKNOLOGI TRADISIONAL NELAYAN EKSISTENSI ALAT TANGKAP TRADISIONAL PADA MASYARAKAT NELAYAN DESA RAPAMBINOPAKA KONAWA SULAWESI TENGGARA

Masyarakat Nelayan di Desa Rapambinopaka sebagian besar merupakan nelayan yang mengkhususkan dirinya sebagai nelayan pancing untuk ikan tenggiri dan ikan sunu.

TEKNOLOGI TRADISIONAL NELAYAN EKSISTENSI ALAT TANGKAP TRADISIONAL PADA MASYARAKAT NELAYAN DESA RAPAMBINOPAKA KONAWE SULAWESI TENGGARA

Kebanyakan nelayan di Desa Rapambinopaka adalah nelayan mandiri sekaligus sebagai nelayan pemilik, karena pada dasarnya mereka secara mandiri melakukan kegiatan melaut tanpa harus tergantung secara mutlak dengan pihak lain.

LAPORAN HASIL PENELITIAN PENDIDIKAN MORAL BERBASIS TRADISI KARIA BAGI REMAJA PUTRI DI DESA BARANGKA

LAPORAN HASIL PENELITIAN PENDIDIKAN MORAL BERBASIS TRADISI KARIA BAGI REMAJA PUTRI DI DESA BARANGKA KECAMATAN BARANGKA KABUPATEN MUNA SULAWESI TENGGARA

 

SISTEM PENGETAHUAN LOKAL TENTANG PENGOBATAN TRADISIONAL DAN POLA PENGASUHAN ANAK PADA MASYARAKAT DI

Menurut masyarakat Muna, secara garis besar jenis penyakit dapat dibagi menjadi penyakit yang tampak secara fisik, tidak perlu memerlukan diagnosa untuk mengetahuinya; dan penyakit yang tidak tampak secara fisik sehingga memerlukan diagnosa melalui bantuan bisa (dukun

RITUAL LULONGGANDA

Lulongganda merupakan ritual yang muncul dari percampuran antara kepercayaan asli orang Tolaki terhadap Sangia (Dewa/Dewi) khususnya Dewi Padi yang yang disebut dengan Sanggoleo Mbae, dengan agama Islam. Lulo nganda berasal dari dua suku kata yakni lulo dan ngganda.

KESENIAN DAERAH WOLIO

Dalam hubungan dengan pengertian seni, sebagai hasil karya yang merupakan manifestasi keseluruhan diri sebagai suatu kesatuan yang utuh, yang bernilai intrinsik, maka karya seni yang tertinggi diukur tidak saja pada artinya, melainkan juga pada wilayah kekuasaannya.

KEARIFAN LOKAL ORANG BAJO DI PULAU WANGI-WANGI

KEARIFAN LOKAL ORANG BAJO DI PULAU WANGI-WANGI

KERAJAAN TRADISIONAL SULAWESI TENGGARA (KESULTANAN BUTON)

Kesultanan Buton adalah satu dari kerajaan di nusantara yang paling awal berinteraksi dengan orang-orang Eropah. Kemunculan Kesultanan Buton itu sendiri sudah dapat dilacak sebelum kedatangan para pedagang atau musafir Eropah.

ISTIADAT TANAH NEGERI BUTUN EDISI TEKS DAN KOMENTAR

ISTIADAT TANAH NEGERI BUTUNEDISI TEKS DAN KOMENTAR

ADAT DAN UPACARA PERKAWINAN WOLIO

Setelah melalui upacara pertunangan beberapa lamanya berjalan, maka kedua pihak menunggu saatnya untuk kelangsungan perkawinan. Perkawinan biasanya berlangsung dalam bulan Syaban, Zulhaji atau Jumadil awal, yang pada umumnya berlangsung pada waktu malam hari.

SISTEM KEPEMIMPINAN DALAM MASYARAKAT PEDESAAN DAERAH SULAWESI TENGGARA

SISTEM KEPEMIMPINAN DALAM MASYARAKAT PEDESAAN DAERAH SULAWESI TENGGARA

KAMPUNGKU DI SULAWESI TENGGARA

Penerbitan buku Kampungku Di Sulawesi Tenggara ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat khususnya generasi muda terhadap budaya bangsa yang beraneka ragam.

POLA PEMUKIMAN PEDESAAN SULAWESI TENGGARA

POLA PEMUKIMAN PEDESAAN SULAWESI TENGGARA

PEMUKIMAN PEDESAAN SEBAGAI EKOSISTEM DAERAH SULAWESI TENGGARA

PEMUKIMAN PEDESAAN SEBAGAI EKOSISTEM DAERAH SULAWESI TENGGARA

SISTEM KESATUAN HIDUP SETEMPAT DAERAH SULAWESI TENGGARA

SISTEM KESATUAN HIDUP SETEMPAT DAERAH SULAWESI TENGGARA