Katalog Buku Sumatera Barat

Menampilkan 1 - 16 dari 173
  • BUNGA RAMPAI SEJARAH DAN DIASPORA MASYARAKAT MINANGKABAU

    Dalam buku Bunga Rampai yang mengangkat tema Sejarah Dan Diaspora Masyarakat Minangkabau ini terdapat empat artikel. Empat artikel tersebut semuanya mengenai sejarah diantaranya mengenai tokoh, dan sebagainya.

  • BUNGA RAMPAI ADAT DAN BUDAYA MASYARAKAT DI SUMATERA BARAT

    Dalam buku Bunga Rampai yang mengangkat tema Adat dan Budaya Masyarakat di Sumatera Barat ini terdapat empat artikel. Empat artikel tersebut semuanya mengenai budaya baik itu menyangkut mengenai pendidikan, tata krama, kesenian, dan kumpulan masyarakat.

  • BUNGA RAMPAI BUDAYA MASYARAKAT SUMATERA BAGIAN SELATAN

    Dalam buku Bunga Rampai yang mengangkat tema Budaya Masyarakat Sumatera Bagian Selatan ini terdapat empat artikel. Empat artikel tersebut semuanya mengenai budaya baik itu menyangkut mengenai kearifan, sosial budaya, etnis, dan kesenian.

  • SULUAH  VOL. 20 NO. 2 NOVEMBER 2017

    Jurnal Suluah Volume 20 Nomor  1, Juni 2017 ini memuat 18 (delapan belas) artikel dan 1 resensi dibawah tema “Pemajuan Kebudayaan Dalam Mozaik Tradisi Dan Kearifan Lokal”. Adapun 18 (delapan belas) artikel dan 1 resensi tersebut meliputi :

  • SULUAH  VOL. 20 NO. 1 JUNI 2017

    Jurnal Suluah Volume 20 Nomor  1, Juni 2017 ini memuat 14 (empat belas) artikel dan 1 resensi dibawah tema “Deposit Sejarah dan Budaya”. Adapun 14 (empat belas) artikel dan 1 resensi tersebut meliputi :

  • BUNGA RAMPAI BENGKULU  MAESTRO SENI

    Maestro Seni ini merupakan buku yang  dikemas dalam bentuk Bunga Rampai. Maestro seni adalah seseorang yang berkiprah dan sebagai pelopor dalam bidang kreativitas seni tradisi. Kriterianya unik/khas, langka dan hampir punah.

  • PADANG RANAH DAN TANAH BATO KABUPATEN SIJUNJUNG PROVINSI SUMATERA BARAT SEBAGAI PERKAMPUNGAN TRADISIONAL MINANGKABAU DIUSULKAN SEBAGAI WARISAN BUDAYA DUNIA KE UNESCO

    Masyarakat Sumatera Barat umumnya dan Padang Ranah serta Tanah Bato khususnya merupakan pelaku utama dalam kelestarian daerahnya sebagai warisan budaya dunia, diharapkan menyadari atas tanggungjawab dan keuntungan yang akan diperoleh sebagai status warisan budaya du

  • JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA VOL 2 NO 2

    Jurnal edisi volume 2 nomor 2 diawali sebuah tulisan yang membahas kearifan lokal pada masa konflik di Ambon, yang ditulis oleh Marthen M.

  • JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA VOL. 2 NO. 1 

    Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya Vol 2 No 1 memuat hasil-hasil penelitian mengenai sejarah dan budaya yang ada di Indonesia.

  • SULUAH VOLUME 18 NO 22 JUNI 2016

    Ungkapan dengan nilai yang terpatri didalamnya tanpa kita sadari sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Ungkapan yang dihulunya kelisanan menjadi titik persoalan manusia ketika telah dimaknai. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka tim redaksi menurunkan tulisan yaitu:

  • SULUAH VOLUME 19 NO. 23 DESEMBER 2016

    Sebagai sebuah peristiwa masa lalu history as past actuality, maka peristiwa sejarah itu sendiri memuat tentang peristiwa kehidupan manusia, baik kehidupan manusia yang baik maupun yang buruk. Berkaitan dengan hal diatas maka buletin volume 19 no 23 berisi tulisan tentang:

  • SUMATERA BARAT CATATAN SEJARAH DAN ARKEOLOGI

    Buku tentang Sumatera Barat dalam Perspektif Sejarah dan Arkeologi, merupakan kumpulan tulisan yang dihimpun oleh Balai Arkeologi Sumatera Utara dari para penulis yang berasal dari Balai Arkeologi Sumatera Utara dan penulis dari luar.

  • PERAN "KAUM MUDO" DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI MINANGKABAU 1803 - 1942

    Kaum mudo dapat memberikan sumbangan pemikiran yang besar terhadap pelaksanaan pendidikan Islam di Minangkabau. Pada tahap awal pembaharuan pendidikan Islam di Minangkabau dimulai dengan munculnya gerakan Padri.

  • SEJARAH PENDIDIKAN DAERAH SUMATERA BARAT

    Perkembangan pendidikan sewaktu pengaruh Hindu masuk ke Sumatera Barat belum jelas diketahui, karena dari prasasti peninggalan Adityawarman yang sudah terbaca tidak satupun yang membicarakan masalah pendidikan.

  • NAGARI KOTO GADANG VI KOTO  KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT  ADAT SALINGKA KOTO

    Masyarakat Koto Gadang VI Koto, adalah masyarakat yang terbuka dalam menerima dan menyikapi perkembangan zaman, sebagaimana masyarakat Minangkabau pada umumnya.

  • IDENTITAS ORANG JAWA  ORANG JAWA DI NAGARI KOTO BARU KECAMATAN LUHAK NAN DUO PASAMAN BARAT

    Nagari Koto baru merupakan sebuah nagari yang dihuni oleh berbagai etnis, bahkan sebagai orang berpendapat kawasan ini adalah Indonesia mini. Kedatangan orang Jawa ke kawasan ini telah berlangsung sejak zaman penjajahan Belanda.