Katalog Buku Jawa Timur

Menampilkan 1 - 16 dari 126
  • MANUSIA DAN RANU KAJIAN ARKEOLOGI PERMUKIMAN

    Buku dengan judul Manusia dan Ranu Kajian Arkeologi Permukiman ini membahas tentang kehidupan manusia masa lampau di kawasan danau dan dikaitkan dengan kehidupan manusia masa kini maupun generasi yang akan datang.

  • TOLERANSI DAN KERUKUNAN ANTARUMAT BERAGAMA DALAM KELUARGA : STUDI KASUS DI DESA BALUN, KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN, JAWA TIMUR

    Desa Balun yang dikenal dengan sebutan “Desa Pancasila” merupakan satu diantara desa yang termasuk wilayah Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur.

  • KUSBINI SENIMAN MUSIK KERONCONG TIGA ZAMAN

    Kusbini merupakan salah satu sosok seniman keroncong yang ada di Indonesia. Ia menjalani masa remajanya di Surabaya. Menempuh pendidikan Mulo kemudian melanjutkan di Sekolah Dagang sekaligus menjadi pemusik di JISTO pimpinan Kusbandi.

  • NGETUNG BATIH UPACARA TRADISIONAL PADA MASYARAKAT DONGO 

    Upacara ngetung batih mengandung arti menghitung jumlah keluarga (batih), lalu dikumpulkan dan didoakan agar memperoleh berkah, keselamatan, dijauhkan dari marabahaya, dan diberikan kemudahan dalam mencari rezeki.

  • PABRIK GULA DJATIROTO KAJIAN INDUSTRI GULA 1958-1980

    Salah satu perkumpulan dagang Belanda yang memiliki andil dalam pengusahaan perkebunan dan pabrik gula adalah Handel Vereeniging Amsterdam (HVA), yang memiliki kantor perwakilan di Surabaya.

  • WAYANG TIMPLONG BENTUK PERTUNJUKAN DAN PELESTARIAN

    Wayang timplong merupakan salah satu asset budaya Jawa Timur khususnya Kabupaten Nganjuk. Wayang jenis ini merupakan seni wayang kayu yang dimungkinkan diilhami oleh wayang klithik yang masih populer di Jawa Timur.

  • KOMUNITAS ADAT OSING DI KEMIREN : UPACARA SLAMETAN TUMPENG SEWU

    Masyarakat Osing di Desa Kemiren memiliki banyak tradisi yang berasal dari budaya nenek moyang. Kekayaan yang dimiliki diantaranya kesenian, ritual adat, arsitektur tradisional, bahasa dan sebagainya.

  • KOMUNITAS ADAT OSING DI KEMIREN :  UPACARA SLAMETAN TUMPENG SEWU

    Masyarakat Osing di Desa Kemiren memiliki banyak tradisi yang berasal dari budaya nenek moyang. Kekayaan yang dimiliki diantaranya kesenian, ritual adat, arsitektur tradisional, bahasa dan sebagainya.

  • KERATON SUMENEP MADURA

    Keraton Sumenep dibangun atas dasar keyakinan agama Islam, terutama sesuai konsep “habluminallah wahambluminanas”. Komplek keraton memiliki tata ruang seperti pada bangunan tradisional Madura umumnya. Arah bangunan membujur dari utara ke selatan.

  • PERAHU TRADISIONAL IJON-IJON DI DESA KANDANG SEMANGKON LAMONGAN 

    Eksistensi perahu dan asal-usul keahlian pembuatan perahu ijon-ijon di Desa Kandang Semangkon setidaknya dikenal setelah Kapal Van der Wijck, yakni kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM Belanda) tenggelam di perairan Lamongan, 20 Oktober 1936.

  • PERTAMBANGAN MINYAK DAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT : PENGELOLAAN PENAMBANGAN DI WONOCOLO TAHUN 1960-2017

    Dapat dikatakan hampir seluruh penduduk di Desa Wonocolo bekerja dalam bidang pertambangan minyak tradisional.

  • PERKEMBANGAN BUDIDAYA TAMBAK UDANG DI PESISIR TUBAN 1980-2015

    Kabupaten Tuban memiliki daerah pesisir pantai yang potensial untuk kegiatan budidaya tambak udang. Sistem tambak yang diusahakan masyarakat pesisir Tuban pada waktu itu adalah tambak air payau.

  • KESENIAN SANDUR DALAM HAJATAN REMOH MASYARAKAT BANGKALAN MADURA

    Asal usul kesenian Sandur Bangkalan Madura berawal dari kesenian Salabadhan yang sudah dikenal masyarakat Madura lebih dari 50 tahun yang lalu.

  • KESENIAN GLIPANG LUMAJANG BENTUK PERTUNJUKAN DATA DAN EKSISTENSI GRUP BINTANG BUDAYA

    Glipang merupakan salah satu kesenian tradisional Kabupaten Lumajang yang hingga kini masih bertahan, meskipun harus menghadapi persaingan dengan kesenian modern di tengah perkembangan zaman.

  • PELESTARIAN KESENIAN RENGGANIS : STUDI KASUS GRUP LANGEN SEDYA UTAMA DI DUSUN KRAJAN, DESA CLURING, KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI, JAWA TIMUR

    Seni pertunjukan Rengganis oleh masyarakat Banyuwangi dikenal dengan nama Praburara, bahkan ada juga yang menyebutnya Umarmaya.

  • TUBAN : KOTA PELABUHAN DI JALAN SUTERA

    Bagi Tuban, potensi pariwisata yang paling menonjol adalah pariwisata sejarah budaya, khususnya sejarah Kota Tuban.