Katalog Buku Jawa Timur

Menampilkan 1 - 16 dari 135

ARSITEKTUR TRADISIONAL MASYARAKAT PENDHALUNGAN PROVINSI JAWA TIMUR

Jember adalah satu dari sejumlah daerah yang berada di kawasan tapal kuda, yaitu kawasan yang membentuk huruf “U”. Dari segi budaya, kawasan tapal kuda merupakan tempat bertemunya (berinteraksinya) antarpendukung budaya yang berbeda, yaitu budaya Jawa dan Madura.

ALAT MUSIK BAKBENG ORGANOLOGI DAN PELUANG PEMANFAATANNYA

Bakbeng merupakan sebuah alat musik tradisional yang saat ini masih ada dan didukung oleh sekelompok kecil masyarakat Sampang Madura.

UPACARA ADAT JANGKRIK GENGGONG DI PACITAN FUNGSI DAN PELESTARIANNYA

Upacara adat Jangkrik Genggong merupakan kegiatan sosial yang melibatkan seluruh warga masyarakat untuk mencapai keselamatan secara bersama. Upacara yang diadakan setiap satu tahun sekali oleh masyarakat Dusun Tawang, Desa Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Kab.

UPAYA PEMAJUAN TARI TOPENG LOSARI DI KABUPATEN BREBES

Tari Topeng Losari merupakan bagian dari gendre Topeng Cirebon yang memiliki gaya yang berbeda dengan gaya lainnya. Ciri khas Topeng Losari adalah gerakan galeyong, pasang naga seser dan gantung sikil.

TRADISI HAUL SYEKH MAULANA IBRAHIM ASMOROQONDI DI TUBAN

Haul Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi merupakan satu dari sekian tradisi yang masih terus dilakukan oleh masyarakat secara turun-temurun dan telah mendapat pengakuan dari masyarakat serta pemerintah setempat.

KUASA KALA :  BAWEAN DALAM LINTAS NARASI

Kesendirian Pulau Bawean, tidak benar-benar sendiri melainkan bagian dari daratan tua Paparan Sunda yang menyatukan Semenanjung Tanah Melayu, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

WINGKO BABAT LAMONGAN

Wingko babat merupakan makanan khas dari Lamongan, Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Babat yang merupakan tempat kelahiran wingko babat puluhan tahun silam.

JOKO TOLE

Cerita Joko Tole merupakan cerita yang berasal dari Kota Madura. Didalam cerita Joko Tole ini memberikan pelajaran kepada kita bahwa kegigihan, keuletan, kejujuran, dan berbakti pada orang tua akan membuat hidup seorang anak menjadi mulia.

TARI MUANG SANGKAL DAN PENGEMBANGANNYA DI SANGGAR TARI POTRE KONENG SUMENEP MADURA JAWA TIMUR

Tari muang sangkal lahir dilatar belakangi oleh kepedulian seniman Sumenep dalam menterjemahkan alam Madura. Tarian ini secara harafiah diterjemahkan sebagai tarian untuk membuang petaka yang ada dalam diri seseorang.

KEJUNG BANGKALAN MADURA

Kejung merupakan tembang khs Madura.  Para pengkejung sekarang hanya beberapa yang masih bagus menampilkan tetembangan dalam acara sandur. Ketertarikan masyarakat terhadap kesenian sandur, khususnya kejung kurang banyak.

MANUSIA DAN RANU KAJIAN ARKEOLOGI PERMUKIMAN

Buku dengan judul Manusia dan Ranu Kajian Arkeologi Permukiman ini membahas tentang kehidupan manusia masa lampau di kawasan danau dan dikaitkan dengan kehidupan manusia masa kini maupun generasi yang akan datang.

TOLERANSI DAN KERUKUNAN ANTARUMAT BERAGAMA DALAM KELUARGA : STUDI KASUS DI DESA BALUN, KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN, JAWA TIMUR

Desa Balun yang dikenal dengan sebutan “Desa Pancasila” merupakan satu diantara desa yang termasuk wilayah Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur.

KUSBINI SENIMAN MUSIK KERONCONG TIGA ZAMAN

Kusbini merupakan salah satu sosok seniman keroncong yang ada di Indonesia. Ia menjalani masa remajanya di Surabaya. Menempuh pendidikan Mulo kemudian melanjutkan di Sekolah Dagang sekaligus menjadi pemusik di JISTO pimpinan Kusbandi.

NGETUNG BATIH UPACARA TRADISIONAL PADA MASYARAKAT DONGO 

Upacara ngetung batih mengandung arti menghitung jumlah keluarga (batih), lalu dikumpulkan dan didoakan agar memperoleh berkah, keselamatan, dijauhkan dari marabahaya, dan diberikan kemudahan dalam mencari rezeki.

PABRIK GULA DJATIROTO KAJIAN INDUSTRI GULA 1958-1980

Salah satu perkumpulan dagang Belanda yang memiliki andil dalam pengusahaan perkebunan dan pabrik gula adalah Handel Vereeniging Amsterdam (HVA), yang memiliki kantor perwakilan di Surabaya.

WAYANG TIMPLONG BENTUK PERTUNJUKAN DAN PELESTARIAN

Wayang timplong merupakan salah satu asset budaya Jawa Timur khususnya Kabupaten Nganjuk. Wayang jenis ini merupakan seni wayang kayu yang dimungkinkan diilhami oleh wayang klithik yang masih populer di Jawa Timur.