Katalog Buku Bali

Menampilkan 1 - 16 dari 150
  • BABI GULING DI PROVINSI BALI

    Pembuatan babi guling di Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar bertujuan untuk memenuhi kebutuhan upacara tradisi, namun juga sebagai salah satu bentuk pelestarian makanan tradisional.

  • SENI PERTUNJUKAN ARJA DI BALI

    Di Desa Keramas perkembangan arja masih tetap eksis sejak tahun 1925 hingga kini.

  • KAJIAN NASKAH KUNO ASTA PATALI

    Nilai budaya dalam Asta Patali adalah nilai budaya yang mengandung keseimbangan antara manusia Bali dengan Maha Pencipta, Manusia Bali dengan manusia dan Manusia Bali dengan alam lingkungan Bali.

  • MOBILITAS ORANG NUSA PENIDA KE KECAMATAN MELAYA SEJAK SEBELUM KEMERDEKAAN (TAHUN 1945)

    Desa Nusasari Kecamatan Melaya dibentuk pada tahun 1940, masyarakat Desa Nusasari 99% berasal dari Nusa Penida yang memiliki budaya khas yang masih mempertahankan budaya Nusa Penida baik dari segi bahasa, kuliner, religi khususnya memiliki Pura Penataran Ped sebagai salah satu

  • KESENIAN GENGGONG DI KABUPATEN KARANGASEM PROVINSI BALI

    Genggong dibuat dari bahan yang sederhana, yakni dari pelepah enau atau masyarakat Bali mengenalnya dengan pugpug dan diolah sedemikian rupa dengan peralatan yang sederhana pula.

  • MANDOLIN DI DESA PUPUAN KABUPATEN TABANAN

    Keberadaan Mandolin sempat mengalami pasang surut. Sebagai musik tradisi, Mandolin telah memiliki sumbangan besar dalam memperkaya serta memberikan identifikasi terhadap karawitan Bali.

  • KAJIAN NILAI TRADISI KUMPUL KOPE PADA MASYARAKAT KAMPUNG CANCAR DI KABUPATEN MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR

    Kumpul Kope adalah satu bentuk tradisi yang dilakukan oleh warga masyarakat Cancar sebagai bentuk solidaritas masyarakat dalam rangka mendukung kemajuan pendidikan di Desa Cancar, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

  • GUNUNG TAMBORA DALAM SEJARAH DAN MITOLOGI MASYARAKAT DOMPU PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

    Dahsyatnya letusan Tambora yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa telah menjadi referensi penting bagi ilmu pengetahuan dalam memahami fenomena alam.

  • TARI JANGER DI PROVINSI BALI

    Tari Janger merupakan genre seni balih-balihan Bali yang menarik dan memiliki akar tradisi tari sosial yang sudah hampir punah. Sebagai sebuah tari kelompok, gerak janger akan sama sesuai dengan tari yang dibawakan demikian juga dengan kecaknya.

  • TRADISI LISAN NATONI DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA, NUSA TENGGARA TIMUR

    Tradisi natoni pada masyarakat Timor Tengah Utara, khususnya di Kecamatan Insana Tengah, masih memegang tradisi natoni dengan baik.

  • SENI JANTURAN ADAPTASI KESENIAN MASYARAKAT BALI – ISLAM TERHADAP KESENIAN MASYARAKAT BALI-HINDU DI KABUPATEN JEMBRANA, BALI

    Seni Janturan merupakan suatu maha karya budaya yang sangat luhur dan menunjukkan bahwa keberagaman masyarakat yang ada di Jembrana mampu terakomodasikan dengan baik dan menciptakan suatu varian kesenian yang unik serta mampu memberikan gambaran tentang nilai-nilai

  • MIGRASI ORANG ROTE DI PULAU TIMOR PADA ABAD XIX

    Pada dasarnya migrasi telah berlangsung sebelum masa penjajahan kolonial. Dari berbagai sumber-sumber tradisi tulis dan tradisi lisankehadiran berbagai suku bangsa yang ada di wilayah nusantara merupakan hasil dari proses migrasi.

  • SEMBILAN TARI BALI

    Sembilan tari Bali telah ditetapkan pada 2 Desember 2015 di Windhoek, Namibia sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia (Intengible culture Heritage) oleh UNESCO . Sembilan tari Bali tersebut dibagi kedalam tiga kategori, yaitu : 

  • PERGESERAN POLA BERPAKAIAN ADAT PADA MASYARAKAT BALI (STUDI KASUS DI KABUPATEN GIANYAR)

    Pakaian adat adalah pakaian tradisional yang dipakai secara turun-temurun dan menjadi identitas dengan ciri khas yang dapat dibanggakan oleh masyarakat pendukung kebudayaan tersebut.

  • INVENTARISASI GENJEK SENI KARAWITAN BALI DI DESA NGIS, KECAMATAN ABANG, KABUPATEN KARANGASEM, PROVINSI BALI

    Seni karawitan genjek mulanya adalah suatu tradisi  petani di wilayah Karangasem. Seni ini telah dikenal sejak zaman masa feudal atau kerajaan di Bali khususnya di Karangasem.

  • INVENTARISASI PENGALANTAKA : SISTEM PENETAPAN PURNAMA TILEM DALAM KALENDER BALI DI KABUPATEN BULELENG PROVINSI BALI

    Pengalantaka adalah suatu tatanan atau rumusan perhitungan untuk mencari atau menetapkan hari purnama dan hari tilem.