Katalog Buku Jawa Barat

Menampilkan 1 - 16 dari 198

PRAKTIK BUDAYA, PENELITIAN SEJARAH DAN KEBUDAYAAN

Buku yang berjudul Praktik Budaya, Penelitian Sejarah dan Kebudayaan ini dimulai dengan sebuah uraian tentang apa yang dimaksud dengan kebudayaan dalam pengertian spesifik beserta aspek-aspek yang terdapat didalamnya sebagai bagian dari semesta kehidupan manusia.

BELAJAR MEMAHAMI HAM

Isu dan masalah HAM bagi bangsa di Selatan, dunia ketiga, dan negara pascakomunis pada abad XX dan awal abad XXI pada awalnya sering dihubungkan dengan keinginan mereka untuk melawan penguasa kolonial, penguasa militer, dan kekuasaan yang otoritarian-totalitarian, y

BANDUNG AWAL REVOLUSI 1945 – 1946

Buku Bandung Awal Revolusi 1945 – 1946 ini memuat kejadian-kejadian di dalam dan sekitar Kota Bandung, Jawa Barat, selama tujuh atau delapan bulan pertama Revolusi Indonesia, sebuah periode historis yang dimulai dari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 hingga

PATANJALA VOL. 10 NO. 3 SEPTEMBER 2018

Sejumlah artikel yang terdapat dalam Jurnal Patanjala Vol. 10 No. 3 ini dapat dibingkai dalam kajian nilai budaya. Nilai budaya merupakan konsesi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar warga masyarakat mengenai hal-hal yang dianggap mulia.

PATANJALA VOL. 10 NO. 2 JUNI 2018

Jurnal Patanjala Vol. 10 No. 2 menampilkan artikel dengan beragam topik. Namun beragam topik itu dapat dipisahkan berdasarkan kajiannya, yang terdiri dari naskah, sejarah dan budaya. Kajian naskah mengungkap skriptorium dan dekorasi naskah Betawi.

PATANJALA VOL. 10 NO. 1 MARET 2018

Fokus kajian pada sejumlah artikel yang diterbitkan Jurnal Patanjala Vol. 10 No. 1 ini mencuatkan keragaman dalam berbagai aspekny. Keragaman merupakan suatu yang given dan inheren dalam masyarakat Indonesia.

'WARING' JARING NELAYAN PENGETAHUAN TRADISIONAL PENANGKAPAN IKAN KABUPATEN CIREBON

Kata waring dalam keseharian nelayan sudah jarang digunakan. Mereka lebih menyenangi sebutan jarring untuk alat tangkap ikan yang terbuat dari serat sintetis itu. Secara teknis struktur jarring sebagai alat utama, tali-tali, pelampung, dan pemberat.

SITUS CIPARI KUNINGAN BUDAYA PRASEJARAH INDONESIA

Buku Situs Cipari Kuningan ini diharapkan dapat mendekatkan arkeologi sebagai bagian dari kebutuhan dan pembelajaran dalam kehidupan masyarakat; mengurangi kesenjangan pengetahuan, pemahaman yang diperlukan dalam mewujudkan budaya dan peradaban yang sustainable, berkesinambunga

METODE PENDIDIKAN SENI KARAWITAN SUNDA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Secara garis besar antara musik dan karawitan terdapat perbedaan kecil di samping persamaanya.

PATANJALA VOL. 9 NO. 3 SEPTEMBER 2017

Sejumlah artikel pada Jurnal Patanjala Vol. 9 No. 3 mencuatkan kecendrungan makin berkembangnya kajian budaya sebagai bidang interdisipliner yang mengambil berbagai cara pandang dari ilmu lain untuk meneliti relasi budaya dan kuasa.

PATANJALA VOL. 9 NO. 1 MARET 2017

Akulturasi, meski bukan gejala baru dalam masyarakat, masih menjadi tema yang menarik untuk dikaji. Pada Patanjala Vol. 9 No. 1, tema akulturasi mewarnai sejumlah artikel para penulis yang berasal dari latar belakang lembaga yang berbeda.

PATANJALA VOL 9 NO 2 JUNI 2017

Artikel-artikel yang dihadirkan Jurnal Patanjala Vol 9 No 2 menunjukkan keragaman ditinjau dari topik penulisanya. Terdapat tiga tema besar yaitu: budaya tradisional, budaya kontemporer, dan kesejarahan.

TOKOH SEJARAH DAN BUDAYA DI KABUPATEN GARUT

Tokoh yang telah menjadi idola sangat dibanggakan dan menjadi panutan bahkan ada tokoh yang menjadi ikon suatu daerah. Kabupaten Garut sarat dengan tokoh-tokoh yang telah menyejarah.

ARKEOLOGI: IDENTITAS DAN KARAKTER BUDAYA DALAM KAJIAN ARKEOLOGI

Buku tentang Arkeologi: Identitas dan Karakter Budaya dalam Kajian Arkeologi menampilkan sebelas kajian hasil riset yang beragam tentang identitas budaya (cultural identity) yang merupakan upaya untuk mengkaji identitas dan karakter budaya melalui tinggalan-tinggalan arkeologi,

ARKEOLOGI STRATEGI ADAPTASI, PERMUKIMAN DAN PEMANFAATANNYA

Buku Arkeologi Strategi Adaptasi, Permukiman dan Pemanfaatannya menampilkan sebelas kajian hasil riset tentang berbagai ragam situs dan lintas zamannya, namun kajiannya ternyata tidak sekedar kajian permukiman melainkan hingga aktivitas bagaimana pemanfaatan sekaligus penyajian

JURNAL PENELITIAN BALAI ARKEOLOGI BANDUNG NO 4/NOVEMBER/1996

Jurnal Penelitian Balai Arkeologi Bandung bertujuan untuk menggalakkan kegitan-kegiatan penelitian arkeologi dan disiplin lain yang terkait serta mempublikasikan hasil-hasilnya.