Katalog Buku Daerah Istimewa Yogyakarta

Menampilkan 1 - 16 dari 304

UNGKAPAN DAN TRADISI BERCIRIKAN PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA SUATU KAJIAN NILAI BUDAYA MINAHASA

Buku ini mengajak untuk berwisata budaya ke Minahasa, Sulawesi Utara khususnya yang berbahasa Tontemboan, Tombulu, Tondano, Tonsea dan Tonsawang. Kelima bahasa tersebut mempresentasikan karakteristik budaya masyarakat Minahasa pada umumnya.

POLA KERUANGAN OKUPASI MANUSIA PADA KALA PLESTOSEN HINGGA AWAL PLESTOSEN DI DAS KALI OYO, GUNUNGKIDUL DAN DAS KALI BAKSOKO , PACITAN

Rangkaian penelitian yang dilakukan di kawasan Gunung Sewu, khususnya di DAS Kali Oyo, Gunungkidul,  dan DAS Kali Baksoko, Pacitan dapat menampilkan gambaran tentang bentang lanskap budaya yang dijelajahi oleh manusia yang menghuni kawasan itu sejak Kala Plestosen h

LASEM  DALAM RONA SEJARAH NUSANTARA SEBUAH KAJIAN ARKEOLOGIS

Sejak masa Majapahit nama Lasem sudah disebut-sebut di berbagai catatan sejarah.

SITUS LIYANGAN DAN SEJARAHNYA PERADABAN ADILUHUNG DI LERENG GUNUNG

Setelah diteliti selama beberapa tahapan sejak tahun 2009, terungkap bahwa situs Liyangan dulunya adalah permukiman kuno. Bagian-bagian dari permukiman itu ditemukan dalam kondisi yang lengkap.

SI PUTIH CANDI SIRIH

Kehadiran Kerajaan Mataram Kuno sekitar abad VIII – X di Jawa menjadi salah satu akar peradaban bangsa Indonesia. Hingga kini bukti-bukti kejayaan peradabannya tersebar luas dan dapat saksikan, pelajari, dan digali makna leluhurnya.

RAGAM HIAS CANDI-CANDI DI JAWA MOTIF DAN MAKNANYA

Ragam hias merupakan bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu karya seni. Ragam hias yang bersifat ornamentik, dalam seni ukir atau seni pahat sering disebut pepatran.

KEARSITEKTURAN CANDI BOROBUDUR

Candi Borobudur merupakan hasil karya arsitektur dari peradaban Hindu/ Budha periode Jawa Tengah abad IX – X. Keotentikan karya arsitektur asli masyarakat Jawa Kuna dapat dijumpai pada bentuk fisik candi dan konsep-konsep yang menjadi latar belakang pendiriannya.

KUASA EKSKLUSI DILEMA PERTANAHAN DI ASIA TENGGARA

Persoalan mengenai siapa yang dapat dan dicegah untuk mengakses tanah mendasari berbagai konflik sosial dan politik di Asia Tenggara.

KEN SA FAAK BENIH-BENIH PERDAMAIAN DARI KEPULAUAN KEI

Buku yang berjudul Ken Sa Faak  Benih-Benih Perdamaian Dari Kepulauan Kei ini merekam pengalaman, analisis, dan refleksi beberapa pengamat, relawan kemanusiaan, aktivis perdamaian, dan orang awam para korban konflik di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara, yang terlibat l

PATRAWIDYA VOLUME 21 NOMOR 3, DESEMBER  2020

Patrawidya Volume 21 Nomor 3 Desember 2020 memuat 6 (enam) artikel yang terangkum dalam rumpun kajian tentang sejarah dan budaya.

BERPIJAK DI DUNIA RETAK CATATAN KELUARGA PENYINTAS TRAGEDI 1965

Menyajikan kebijaksaan  hidup yang diperoleh setelah bertahun-tahun bergulat dengan kepahitan hidup, merupakan tujuan dari buku yang ditulis oleh Basuki Rahardjo.

BEREBUT MAKAN POLITIK BARU PANGAN

Pencaplokan lahan besar-besaran, harga-harga bahan pangan yang terus melambung, dan perlombaan menguasai sumber-sumber pasokan yang kian langka. Berebut makan melacak sejarah sistem pangan dunia dan penyebab gejolak mutakhir harga bahan pangan.

DINAMIKA KELAS DALAM PERUBAHAN AGRARIA 

Kajian ekonomi politik agraria menyelidiki relasi sosial produksi dan reproduksi, property dan kekuasaan dalam transformasi agraria, dan bagaimana semua dimensi ini mengalami perubahan.

MEMBANGUN KESADARAN KISAH-KISAH GERAKAN TOLAK TAMBANG DI MANGGARAI RAYA DENGAN MEMANFAATKAN PENGETAHUAN LOKAL

Cerita perubahan ini adalah sebuah pembelajaran bersama terkait dengan perjuangan masyarakat dalam mendorong pemerintah untuk memenuhi dan menegakkan hak ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat akan pembangunan yang dapat mensejahterakan dan berkeadilan sosial.

MEMBONGKAR MITOS NEOLIB UPAYA MEREBUT KEMBALI MAKNA PEMBANGUNAN

Buku ini menjelaskan bagaimana dan mengapa kebijakan-kebijakan neoliberal gagal di negara-negara berkembang, dan menunjukkan bahwa terdapat sejumlah alternatif kebijakan yang dapat  diterapkan dan diterima.