Katalog Buku Daerah Istimewa Yogyakarta

Menampilkan 1 - 16 dari 265
  • BERKALA ARKEOLOGI VOL. 38 NO. 2 NOVEMBER 2018

    Berkala Arkeologi Vol. 38 No.

  • BERKALA ARKEOLOGI VOL. 38 NO. 2 NOVEMBER 2018

    Berkala Arkeologi Vol. 38 No.

  • BERKALA ARKEOLOGI VOL. 38 NO. 1 MEI 2018

    Berkala Arkeologi Vol. 38 2018 ini memuat 5 (lima) artikel yang ditulis oleh sejumlah peneliti maupun praktisi. Kali ini artikel-artikel yang dimuat merupakan hasil-hasil penelitian maupun kajian tentang arkeologi klasik, arkeologi Islam-Kolonial, maupun CRM.

  • BHUMI WURAWAN

    Bunga rampai berjudul “Bhumi Wurawan” ini merupakan hasil penelitian mendalam para peneliti Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta yang berangkat dari kegelisahan, tentang betapa rumitnya merajut benang kusut bernama sejarah kuna Indonesia.

  • LIYANGAN  KINI, DOELOE, DAN ESOK

    Pada abad XI Masehi, materi vulkanis itu adalah bencana ang memilukan bagi amsyarakat dan peradaban Liyangan kuno. Namun pada abad XXI menjadi rezeki bagi masyarakat Liyangan modern karena memiliki nilai ekonomis instan.

  • SITUS LIYANGAN DAN SEJARAHNYA

    Situs Liyangan yang sekarang sudah mulai dikenal oleh masyarakat secara luas merupakan salah satu situs unggulan yang diteliti sejak 2010 oleh Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta.

  • BERKALA ARKEOLOGI VOL. 37 NO. 2 NOVEMBER 2017

    Berkala Arkeologi Vol. 37 2017 ini memuat 6 (enam) artikel dari berbagai peneliti dan praktisi, meliputi Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta, Laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi UGM, dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Ternate.

  • BERKALA ARKEOLOGI VOL. 37 NO. 1 MEI 2017

    Berkala Arkeologi edisi Mei 2017 ini memuat 6 (enam) artikel dari berbagai peneliti yaitu dari Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta, Balai Arkeologi Bandung, Jurusan Ilmu Arkeologi Universitas Gadjah Mada, dan Jurusan Arkeologi Universitas Udayana.

  • KRONIK KALIMANTAN BERDASARKAN CATATAN PRIBADI DAN DOKUMEN YANG DIKUMPULKAN OLEH TJILIK RIWUT Volume 3

    Pada buku Kronik Kalimantan Berdasarkan Catatan Pribadi dan Dokumen yang Dikumpulkan oleh Tjilik Riwut Volume 3 ini menceritakan kejadian tahun 1955  sampai dengan 2014.

  • KRONIK KALIMANTAN BERDASARKAN CATATAN PRIBADI DAN DOKUMEN YANG DIKUMPULKAN OLEH TJILIK RIWUT Volume 2

    Pada buku Kronik Kalimantan Berdasarkan Catatan Pribadi dan Dokumen yang Dikumpulkan oleh Tjilik Riwut Volume 2 ini menceritakan kejadian tahun 1946  sampai dengan 1954.

  • KRONIK KALIMANTAN BERDASARKAN CATATAN PRIBADI DAN DOKUMEN YANG DIKUMPULKAN OLEH TJILIK RIWUT VOLUME 1 TAHUN 8000SM S.D.1945

    Pada buku Kronik Kalimantan Berdasarkan Catatan Pribadi dan Dokumen yang Dikumpulkan oleh Tjilik Riwut Volume 1 ini menceritakan kejadian tahun 8000 SM  sampai dengan 1945.

  • R.M.JAYADIPURA, MAESTRO BUDAYA JAWA 1878-1939: SEBUAH BIOGRAFI

    Kemahiran RM Jayadipura dalam beberapa bidang seni tradisional tidak lepas dari kerja keras yang dilakukannya dalam belajar kesenian sejak kecil.

  • MENEMUKENALI ARSITEKTUR TRADISIONAL LOBO SUKU KULAWI PROPINSI SULAWESI TENGAH

    Suku bangsa Kulawi merupakan salah satu suku bangsa yang mendiami wilayah di Propinsi Sulawesi Tengah yang masih mempertahankan tradisi arsitektur tradisional yang khas berupa rumah adat Lobo.

  • KAJIAN PERANAN WANITA DALAM NASKAH KUNA SERAT DONGENG RANDHA DARMASARI

    Teks cerita-cerita dongeng yang terkandung didalam naskah kuna Serat Dongeng Randha Darmasari mengandung nilai-nilai ajaran, khususnya nilai keteladanan, baik berupa gambaran perilaku terpuji yang perlu ditiru maupun perilaku buruk yang harus dihindari.

  • PEMBANGUNAN KARAKTER MELALUI KESENIAN KETOPRAK STUDI KASUS TIGA SEKOLAH DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

    Karakter yang dapat dikuatkan melalui kesenian ketoprak yaitu kedisiplinan, percaya diri, kerjasama, sopan santun, toleransi, bertanggungjawab, kepemimpinan.

  • PERUBAHAN KEYAKINAN DAN AJARAN KI AGENG PENGGING: KAJIAN NASKAH SERAT KEBOKANANGA

    Serat Kebokananga merupakan naskah Jawa cetak yang diterbitkan oleh Tan Khoen Swie pada tahun 1921. Naskah tersebut berbentuk tembang yang terdiri atas 21 pupuh dalam 113 halaman.