Katalog Buku Nanggroe Aceh Darussalam

Menampilkan 1 - 16 dari 232

MANTRA DALAM BUDAYA MASYARAKAT MELAYU

Melayu merupakan masyarakat yang kaya dengan ragam budaya dan tradisi dalam kehidupannya. Salah satunya adalah tradisi lisan berbentuk mantra. Mantra hanya bisa dibacakan oleh ahlinya yang biasa disebut pawing, dukun atau bomoh.

MODAL ACEH UNTUK REPUBLIK  Filantropi Aceh Untuk Indonesia (1945 - 1949)

Masyarakat Aceh merupakan daerah yang sangat nyata filantropinya ketika mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

HUSAPI  Alat Musik Tradisional Khas Simalungun

Alat musik tradisional husapi ini memiliki sejumlah keunikan dan kelebihan.

UPACARA MENANDA TAHUN

Upacara menanda tahun merupakan hasil dari masyarakat Pakpak yang hingga saat kita ini masih ada dan masih di lestarikan oleh masyarakat Pakpak. Masyarakat Pakpak percaya bahwa ada kekuatan yang mampu dapat mengubah kondisi manusia.

TEUNGKU FAKINAH PEJUANG DAN ULAMA WANITA ACEH

Teungku Fakinah merupakan  tokoh pejuang Islam di Aceh. Selain menjadi tokoh pejuang Teungku juga mempunyai multi talent yang di milikinya seperti sosok pejuang, pendidik, pekerja sosial dan penggagas.

SUMANG DAN KEMALI

Sumang dan Kemali adalah merupakan dua kalimat yang mempunyai arti yang berbeda.

BUKHARI AL - JAUHARI  ULAMA DAN SASTRAWAN TELADAN BAGI PEMIMPIN

Bukhrari Al-Jauhari merupakan seorang ulama dan sastrawan yang di kenal dengan karya karyanya. Bukhari Al -Jauhari juga merupakan orang yang pertama kali dapat mengharumkan nama kesultanan yang ada di Aceh.

PENGUATAN KEHIDUPAN KARAKTER DI ACEH TEKS DAN KONTEKS NASKAH BAYAN AL-ADAB  

Tradisi penulisan, penyalinan dan persebaran naskah naskah keagamaan di dunia melayu indonesia memiliki hubungan kait dengan proses islamisasi yang terjadi.

ISI DAN KELENGKAPAN RUMAH TANGGA TRADISIONAL MENURUT TUJUAN FUNGSI DAN KEGUNAANNYA PROPINSI DAERAH ISTIMEWA ACEH

Dalam mengisi kelengkapan rumah tangga, masyarakat di Kecamatan Indrapuri ini pada umumnya setiap keluarga mengutamakan terlebih dahulu dengan benda-benda yang berhubungan dengan kebutuhan pokok, seperti makanan dan pakaian.

TOPONIMI IBUKOTA KABUPATEN/KOTA DI ACEH

Buku Toponimi Ibukota Kabupaten/Kota di Aceh ini menyajikan sejarah dan asal-usul kota di Aceh sehingga masyarakat umum bisa mendapatkan informasi mengenai ibukota kabupaten/kota di Aceh secara lebih fokus dan beragam.

BULETIN HABA NO. 88 / 2018

Bulletin Haba No. 88/2018 hadir dengan tema Tradisi dan Sejarah Lisan di Aceh dan Sumatera Utara. Haba kali ini, para penulis memiliki pandangan yang beragam dalam menginterpretasikan hal itu.

BULETIN HABA NO. 87 / 2018

Bulletin Haba No. 87 tahun 2018 merupakan edisi kedua dengan tema Politik Lokal dalam Perspektif Sejarah dan Budaya di Aceh dan Sumatera Utara.

SAMADIYAH DALAM STUDI ETNOGRAFI

Samadiyah merupakan sebuah ritual budaya umat Islam khususnya di sebagian besar Aceh yang dilakukan saat orang tua, anak atau kerabat meninggal dunia.

KISAH PUTROE PHANG DARI ACEH

Zaman dulu Aceh punya raja hebat bernama Sultan Iskandar Muda. Beliau memimpin pada tahun 1016-1046 Hijriah. Pada masa pemerintahannya, Kesultanan Aceh mencapai puncak kejayaan. Pada suatu ketika,  Sultan Iskandar Muda berhasil menaklukkan Negeri Pahang, Malaysia.

UPACARA ADAT BERSAWAH KHAURI BLANG ACEH

Upacara adat Bersawah Khauri Blang Aceh merupakan salah satu kebudayaan di Aceh yang sudah turun temurun dilakukan oleh rakyat setempat. Khauri Blang diambil dari bahasa Arab, yang berarti kebaikan sawah.

UPACARA BAYI MENCICIP DI ACEH

Aceh memiliki ragam budaya unik yang dibalut dengan nilai-nilai keislaman. Salah satunya adalah Peutroen Aneuk dan Peucicap atau Upacara Bayi Mencicip. Peutroen Aneuk adalah upacara turun tanah menurut adat Aceh. Upacara ini biasanya dIlakukan 44 hari setelah bayi lahir.