Katalog Buku Nanggroe Aceh Darussalam

Menampilkan 1 - 16 dari 216
  • MEMAHAMI SEJARAH TASAWUF DI ACEH

    Memahami sejarah tasawuf atau sufisme erat kaitannya dengan tradisi dan wacana intelektual Islam di Nusantara. Tasawuf atau sufisme merupakan sebuah ajaran yang berkembang dalam agama Islam.

  • DEUREUHAM ACEH MATA UANG EMAS TERTUA DI NUSANTARA

    Banyak masyarakat yang belum mengetahui jika Indonesia pernah menggunakan mata uang deureuham (dirham) sebagai alat transaksi perdagangan. Dirham dikenalkan sebagai mata uang pada abad ke-13 di Kerajaan Samudra Pasai, Aceh.

  • PENGENTAS DARI SERDANG BIOGRAFI SULTAN SULAIMAN SHARIFUL ALAMSHAH

    Kisah hidup Sultan Sulaiman Shariful Alamshah yang ditulis disini merupakan media untuk menceritakan bagaimana pilihan penguasa Serdang ini menjaga kesinambungan satu negeri Melayu, masyarakat serta kebudayaan Melayu di pesisir Timur Sumatera sesudah sang ayah taklu

  • MENGADU NASIB DI KEBUN KARET KEHIDUPAN BURUH ONDERNEMING KARET DI ACEH TIMUR, 1907 – 1939

    Studi ini membahas tentang komunitas dalam suatu wilayah khusus di Aceh, yaitu komunitas buruh perkebunan karet di Aceh Timur pada masa kolonial. Perkembangan perkebunan karet di Aceh Timur berkaitan erat dengan ekspansi modal Swasta Barat pada awaal abad ke-20.

  • AMIR HAMZAH JILID II

    Pada buku Amir Hamzah Jilid II ini akan membahas tentang gagasan-gagasan, perjuangan dan karya-karya sastranya (terutama sajak dalam Ontologi Buah Rindu dan Nyanyi Sunyi).

  • AMIR HAMZAH JILID I

    Amir Hamzah adalah seorang bangsawan dari Langkat yang berusia relatif pendek lahir 1911 (1913) dan meninggal dunia dalam sebuah “peristiwa berdarah” 1946. Beliau dalam menjalani hidupnya dapat kita klasifikasikan dalam tiga fase.

  • MA’ BLIEN   DUKUN BERANAK DI ACEH

    Dukun beranak biasanya adalah orang yang dituakan dan dianggap memiliki pengetahuan lebih tentang obat-obatan, pantangan serta teknik perawatan dan pertolongan dalam persalinan. Tidak hanya itu, dukun beranak juga memiliki pengetahuan spiritual terkait masalah persalinan.

  • JURNAL SEJARAH DAN BUDAYA SUWA VOL. 22 NO. 1 DESEMBER 2017

    Jurnal Sejarah dan Budaya Suwa bermakna sebagai pemberi penerang, petunjuk, dan penuntun. Sebagaimana sifatnya Suwa, hidup manusia harus bermanfaat bagi diri, orang lain dan lingkungannya.

  • BULETIN HABA NO. 85 / 2017

    Tema Buletin Haba edisi No 85 Tahun 2017 ini sengaja diilih lebih umum yaitu ”Etnisitas Dalam Kajian Sejarah Dan Budaya Di Provinsi Aceh Dan Sumatera Utara” dengan maksud untuk mengundang lebih banyak penulis atau pengiat sejarah dan budaya mengirimkan naskah tulisa

  • BULETIN HABA NO. 86 / 2018

    Tidak banyak perubahan pada tampilan Haba edisi kali ini. Setiap artikel dalam Buletin Haba menyimpan pengetahuan kelokalan dan kadang luput dari perhatian publik.

  • BERTAPA DEMI BANGSA KISAH PERJUANGAN TEUNGKU TAPA MEMBELA AGAMA DAN BANGSA

    Aceh dahulunya sarat dengan berbagai konflik atau peperangan. Setiap perang yang melibatkan Aceh tersebut berlangsung secara unik.

  • PEUTJOET (KERKHOF) DAHULU, KINI DAN NANTI

    Istilah Peutjoet dan kerkhof semula merupakan dua hal yang berbeda.

  • SERANGAN UMUM DI KOTA SIPIROK SAAT AGRESI BELANDA KEDUA

    Kota Sipirok terletak di Kabupaten Tapanuli Selatan, merupakan salah satu markas utama yang dikuasai oleh Pasukan Belanda ketika agresi mereka yang kedua. Agresi Belanda kedua merupakan sebuah tantangan besar bagi pasukan republik terutama pasukan gerilya Sipirok.

  • HADRAH  KESENIAN RELIGI MASYARAKAT MELAYU

    Kebudayaan merupakan segala hasil karya cipta manusia yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan anggota hidup masyarakatnya, yang memiliki unsur-unsurnya. Salah satu unsur kebudayaan adalah kesenian.

  • GOTONG PENUTUP KEPALA PRIA KHAS SIMALUNGUN

    Salah satu penanda bagi kelompok etnik tertentu ialah dengan pakaian tradisional yang dimilikinya. Selain pakaian, pelengkap dalam hal berbusana juga merupakan identitas bagi pemakainya, seperti sebuah penutup kepala, dalam hal ini gotong milik etnik Simalungun.

  • SEJARAH PERDAGANGAN DI KABUPATEN PIDIE

    Orang-orang Aceh merupakan bangsa pelaut yang mahir mengarungi lautan. Sejak lama orang Aceh telah melayari lautan dengan kapal-kapalnya sendiri.