Katalog Buku Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Menampilkan 1 - 16 dari 927
  • SAMURAI SEJARAH & PERKEMBANGAN

    Kata samurai berasal dari kata kerja Jepang saburau yang berarti ‘melayani’. Kata ini diunakan pada zaman dahulu untuk menyebut pelayan pribadi yang hampir sama dengan pembantu rumah tangga. Kemudian kata ini digunakan untuk menyebut anggota kelas ksatria provinsi.

  • NYAI DASIMA

    Nyai, tercatat dalam sejarah dan ia menjadi tema serta motif sastra yang terus menerus mendapat perhatian. Cerita Nyai Dasima dalam buku ini merupakan cerita yang ditulis ulang oleh G.

  • PERUBAHAN SOSIAL DI SURABAYA

    Buku Perubahan Sosial di Yogyakarta ini mengenai perubahan-perubahan sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • DALEM TAWANAN DJEPANG

    Dalam tulisan awalnya, Nio menuturkan betapa berat masuk penjara baginya karena harus meninggalkan isterinya yang baru melahirkan lima hari sebelumnya. Rupanya tentara Jepang yang harus menangkapnya cukup mengerti keadaannya dan mohon maaf kepadanya.

  • KISAH PARA PILOT KAMIKAZE PASUKAN UDARA BERANI MATI JEPANG PADA PERANG DUNIA II

    Kamikaze, korps serangan udara bunuh diri Jepang pada Perang Dunia II, begitu mengerikan dan mengemparkan dunia kemiliteran. Ribuan orang melakukan serbuat nekat (banzai) dengan menabrakan pesawatnya ke sarang musuh.

  • SUMBANGAN ISLAM KEPADA ILMU DAN PERADABAN MODERN

    Ilmu merupakan unsur perbedaan yang istimewa : terikat oleh waktu, tetapi bebas atau harus bebas terhadap ruang, yakni terhadap lingkungan batas-batas nasional.

  • SOEHARTO DI BAWAH MILITERISME JEPANG

    Kajian baru ini menguak tabir yang menyelimuti karir militer Soeharto selama masa pendudukan Jepang, memperjelas gambaran kesatuan yang membantu pembentukan sosok yang kelak menjadi Presiden Indonesia kedua itu.

  • HIROSIMA KETIKA BOM DIJATUHKAN

    Peristiwa jatuhnya bom atom di Hirosima adalah salah satu tragedi kemanusiaan dalam sejarah.  Untuk pertama kalinya dalam Perang Dunia Ke-II, bom atom digunakan dan rakyat Hirosima menjadi sasaran percobaan. Peristiwa ini menimbulkan dampak yang luar biasa.

  • ONGHOKHAM DALAM KENANGAN

    Onghokham adalah seorang dapat mendapatakan sepernagkat gelar,  “sejarawan”, “kolumnis”, “intelektual publik”, “koki”, “penggila pesta”, “anti-qua rian”, “eksentrik”.

  • NAPOLEON DAN STRATEGI PERANG MODERN

    Buku Napoleon dan Strategi Perang Modern ini menyuguhkan kejeniusan taktik militer Napoleon. Taktik militer Napoleon yang sering disebut sebagai salah satu jenderal terbesar sepanjang zaman itu diperinci dan dijelaskan secara lebih teknis.

  • EKONOMI BERDIKARI SUKARNO

    Buku Ekonomi Berdikari Sukarno ini membahas mengenai politik ekonomi berdikari Sukarno sebagai salah satu dari Trisakti atau prinsip nasional yang terkenal pada tahun 1960-an, yaitu berdaulat dalam politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam keb

  • PELAYARAN DAN PERNIAGAAN NUSANTARA ABAD KE-16 DAN 17

    Dalam buku yang berjudul Pelayaran dan Perniagaan Nusantara Abad ke- 16 dan 17 ini, menggambarkan sejarah yang masih amat kurang diketahui yaitu sejarah pelayaran dan perdagangan sesudah kerajaan-kerajaan Indonesia Hindu atau masa pertumbuhan dan perkembangan keraja

  • PEMIKIRAN TIONGHOA MUDA COKIN ? SO WHAT GITU LOH !

    Siapa pun itu generasi muda Tinghoa, entah brondong, brownies, cu-pu, ci-ca, pacinko dan sales paham betul kalau mereka pun terikat dan punya rasa memiliki negeri ini: Indonesia.  Buku ini adalah suara-suara mereka itu.

  • ORANG ARAB DI NUSANTARA

    Buku Orang Arab di Nusantara ini akan menyuguhkan karya etnografi yang cukup menyeluruh tentang komunitas ini. Oleh sebab itu, untuk jangka waktu yang lama buku ini menjadi satu-satunya studi terlengkap tentang komunitas Arab di Indonesia.

  • CALEG SELEBRITAS, KEKERASAN, & KORUPSI  MENELUSURI TANDA DALAM DINAMIKA BUDAYA

    Benny H. Hoed adalah intelektual public yang bersiaga setiap saat untuk membantu masyarakat untuk melihat   dan memahami “tanda” yang tersembunyi di bawah permukaan fenomena-fenomena sosial, politik, budaya dan kegiatan-kegiatan personal sehari-hari.

  • NII SAMPAI JI  SALAFY JIHADISME DI INDONESIA

    Ideologi mirip salafy jihadisme sudah berakar di Indonesia sejak paruh akhir 1940-an. Gerakan Darus Isla (DI) yang dipimpin oleh Kartosoewirjo mempunyai paham yang serupa dengan doktrin salafy jihadisme.