Katalog Buku Jawa Tengah

Menampilkan 1 - 16 dari 206
  • KOTA PELABUHAN SEMARANG DALAM KUASA KOLONIAL :  IMPLIKASI SOSIAL BUDAYA KEBIJAKAN MARITIM, TAHUN 1800AN-1940AN

    Implikasi pengembangan kota pelabuhan masa kolonial terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat di Pesisir Laut Jawa khususnya di Semarang terlihat signifikan terutama mengubah lanskap sosial budaya di wilayah kota pelabuhan tersebut.

  • RESPON MASYARAKAT DAN GENERASI MUDA TERHADAP UPACARA ADAT MANGANAN JANJANG DI DESA JANJANG KECAMATAN JIKEN KABUPATEN BLORA

    Upacara Adat Manganan Janjang merupakan tradisi syukuran oleh warga masyarakat di Desa Janjang, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora kepad Tuhan Yang Maha Esa, atas nikmat, berkah yang diberikan kepada masyarakat Desa Janjang.

  • PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG (15-19 OKTOBER 1945) : SEBUAH PENDEKATAN BIOGRAFIS

    Menyimak sejarah Pertempuran Lima Hari di Semarang, kiranya tidaklah dapat disangkal bahwa peristiwa itu merupakan peristiwa paling berdarah dalam sejarah awal Perang Kemerdekaan Indonesia.

  • WAJAH KOTA LAMA SEMARANG

    Sejarah keberadaan Kota Lama dimulai ketika terjadi perjanjian penyerahan Kota Semarang antara Tumenggung Mertoyono dan Laksmana Cernelis Speelman tanggal 15 Januari 1678.

  • JURNAL KONSERVASI CAGAR BUDAYA BOROBUDUR VOL. 12 NO. 2 DESEMBER 2018

    Masyarakat Indonesia menyimpan beragam kearifan lokal dalam berbagai aspek kehidupannya, tidak terkecuali untuk perawatan benda yang dianggap berharga oleh masyarakat tersebut.

  • JURNAL KONSERVASI CAGAR BUDAYA BOROBUDUR VOL. 12 NO 2 DESEMBER 2018

    Masyarakat Indonesia menyimpan beragam kearifan lokal dalam berbagai aspek kehidupannya, tidak terkecuali untuk perawatan benda yang dianggap berharga oleh masyarakat tersebut.

  • BEBERAPA BENTENG BELANDA DI JAWA TENGAH

    Tinggalan arkeologi berupa benteng Belanda yang pernah eksis di masa lalu di berbagai daerah di Jawa Tengah jumlahnya cukup besar, meskipun banyak diantaranya yang telah dihancurkan dan diganti dengan bangunan baru.

  • JURNAL KONSERVASI CAGAR BUDAYA BOROBUDUR VOL. 12 NO 1 OKTOBER 2018

    Dalam Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur Vol. 12 No. 1 ini, pengembangan konsolidan bagi material cagar budaya di tekankan melalui dua buah artikel.

  • CERITA BERGAMBAR RELIEF KARMAWIBHANGGA CANDI BOROBUDUR SERI 3

    Desa Balun yang dikenal dengan sebutan “Desa Pancasila” merupakan satu diantara desa yang termasuk wilayah Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur.

  • TRADISI MOCI MINUM TEH DI TEGAL JAWA TENGAH

    Salah satu wilayah yang ada di Jawa Tengah khususnya di Kota Tegal terdapat tradisi minum teh atau yang dikenal dengan sebutan Moci. Tradisi ini dilakukan dengan cara menyeduh teh dalam poci tanah liat/gerabah dan dicampur dengan gula batu.

  • UPACARA ADAT DI LINGKUNGAN PETANI TEMBAKAU SRINTHIL TEMANGGUNG

    Penyelenggaraan slametan dalam proses tembakau berpotensi srinthil di Desa Legoksari dilaksanakan dari mulai masa pembibitan hingga panen. Sebelum petani disana melaksanakan selamatan Nyecel untuk memohon keselamatan dan keberhasilan dalam mengolah lahannya.

  • STUDIO SEJARAH RESTORASI CANDI BOROBUDUR

    Candi Borobudur merupakan karya agung nenak moyang Indonesia masa DInasti Syailendra abad ke 8 M, dan diakui sebagai warisan budaya dunia nomor 348 tanggal 13 Desember 1991, kemudian diperbaharui menjadi nomor C 592 tahun 1991.

  • SELAYANG PANDANG CANDI BOROBUDUR & CANDI MENDUT CANDI PAWON

    Cagar budaya merupakan arti penting bagi kebudayaan bangsa Indonesia. Cagar budaya menjadi bukti nyata kejayaan Bangsa Indonesia di masa lampau, yang dapat digunakan untuk memupuk kebanggaan nasional serta memperkokoh jati diri bangsa.

  • PENGRAJIN TRADISIONAL DAERAH JAWA TENGAH

    Kehidupan para pengrajin sehari-hari berdasarkan pada tradisi yang telah berlaku tanpa mengalami banyak perubahan.

  • KONSEP PATHET DALAM KARAWITAN JAWA

    Pathet merupakan salah satu konsep musikal di dalam karawitan yang dapat disejajarkan dengan konsep-konsep musikal yang ada di dalam musikologi barat itu mempunyai nasip yang mirip seperti karya budaya tradisi lainnya.

  • MAKNA TEMPAT PETILASAN DAN SAJEN DALAM TRADISI PERANG OBOR DI TEGALSAMBI TAHUNAN KABUPATEN JEPARA

    Perang obor sudah dilaksanakan tiap tahun di Desa Tegalsambi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. 35 hari sebelum penyelenggaraan upacara perang obor masyarakat mengadakan ritual atau barikan ke makam leluhur dan menggunakan sajen untuk persembahan.