Katalog Buku Kalimantan Timur

Menampilkan 1 - 16 dari 105
  • MENGENAL BUAH-BUAHAN EKSOTIK KUTAI KARTANEGARA

    Mengunjungi Kalimantan Timur di kala musim buah adalah sebuah anugerah yang tiada tara. Apalagi jika kita bersedia untuk masuk ke dusun, perkampungan, dan hutan. Bulan November sampai Maret adalah bulan yang cocok untuk berburu buah hutan Kalimantan Timur.

  • MENGENAL TARI-TARIAN KALIMANTAN TIMUR

    Tari-tarian Kalimantan Timur merupakan warisan dari nenek moyang pada zaman dahulu yang tetap lestari hingga saat ini dan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman.

  • JATUNG UTANG & FUNGSINYA Sebagai Pengiring Tari Hudog Pada Masyarakat Suku Dayak Kenyah di Desa Lung Anai, Sungai Payang Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

    Jatung Utang merupakan musik yang termasuk kedalam jenis musik pentatonik yang pembuatannya tidak menggunakan peralatan modern namun lebih menekankan pada kepekaan pendengaran dan kemampuan si pembuat dalam memahami nada-nadanya.

  • ULAP DOYO Keindahan Kain Tenun Suku Dayak Benuaq dan Pewarnaannya

    Masyarakat Dayak adalah suku asli Pulau Kalimantan, dengan ciri kebudayaan dan karya seni yang sangat tinggi, sebagai pusaka leluhur yang diwariskan secara turun temurun.

  • TATA PEMERINTAHAN KASULTANAN KUTAI KARTANEGARA DI MSA SULTAN H.A.M. SALEHUDDIN II 1999-2018

    Haji Aji Pangeran Prabu Anum Surya Adiningrat yang bergelar Sultan Haji Aji Muhammad Salehuddin II bin Sultan Adji Muhammad Parikesit atau disebut juga Pangeran Praboe adalah Sultan Kutai dari Kesultanan Kutai Kartanegara yang dinobatkan sebagai sultan pada tanggal

  • JEPEN TARI TRADISIONAL SUKU KUTAI KALIMANTAN TIMUR

    Tari Jepen adalah salah satu tarian tarian tradisional dari Suku Kutai Kalimantan Timur yang banyak dipengaruhi dari kebudayaan Melayu dan Budaya Islam.

  • PAJAAQ UNGKAPAN KEARIFAN LOKAL DAYAK TAYOOI DAN BENUAQ

    Ribuan pajaaq yang dikumpulkan didalam buku ini meruoakan gabungan antara pajaaq bahasa Tonyooi dan Benuaq. Kedua suku ini memiliki sejumlah pajaaq yang berakar dari pengertian dan pemahaman yang berimbang dan selaras.

  • MITOLOGI SENGKREAQ VERSI RENTENUKNG – LINGGAN DALAM PERSPEKTIF ILMU FOLKLOR

    Konsep fungsi folklor memang bersifat lentur. Banyak ahli yang memiliki rumusan, sesuai dengan bidang masing-masing dalam mengartikan fungsi.

  • PENELITIAN ETNOGRAFI TEMPUUTN DAYAK DI KABUPATEN KUTAI BARAT

    Buku Penelitian Etnografi Tempuutn Dayak di Kabupaten Kutai Barat ini meneliti mengenai etnografi tempuut yang populer di kalangan komunitas Benuaq, Bentiatn, Tonyooi dan Rentenuukng yang merupaan sistem nilai ritual atau “religi” yang ada di dalam masyarakat.

  • ETNOHISTORIS KERAJAAN SENDAWAR VERSI RENTENUKNG LINGGANG ETNOGRAFI SEJARAH KEBUDAYAAN ETNIK DI KABUPATEN KUTAI BARAT

    Bagi masyarakat Kutai Barat tentu sudah sangat familiar dengan kata Sentawar, yang berubah karena ucapan menjadi Sendawar seperti sekarang ini.

  • EKSPLORASI ETHNOHISTORY LUUQ KERAI – LINGGANG  Ethnografi Microstoria Etnik Rentenuukng – Linggang di Kabupaten Kutai Barat

    Terdapat dua pemikiran besar berkaitan dengan muasal orang rentenuukng.

  • BELIATN FUNGSI PENTINGNYA BAGI MASYARAKAT DAYAK TONYOOI DAN BENUAQ

    Menurut keyakinan orang Dayak Tonyooi dan Benuaq, roh terbagi menjadi 2, yaitu roh orang yang disebut juus yaitu roh yang berada di dalam badan manusia hidup, dan sering diganggu oleh roh jahat.

  • PESONA BUDAYA DAN ALAM KUTAI KARTANEGARA

    Kurun waktu berlangsungnya sumber daya budaya di Kutai Kartanegara dapatdibagi kedalam beberapa periode, yakni prasejarah, klasik, Islam, kolonial dan masa kini.

  • KUDUNGGA BULETIN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA VOL 7 TAHUN 2018

    Keanekaragaman Cagar Budaya yang ada di Indonesia harus dipandang sebagai sebuah kekayaan yang perlu dijaga dan dilestarikan.

  • INTEGRASI SOSIAL TRANSMIGRAN BALI DI DESA KERTA BUANA, KEC. TENGGARONG SEBERANG, KAB. KUTAI KERTANEGARA 1980-2000AN

    Lokasi L4 atau Kerta Buana termasuk salah satu lokasi pemukiman transmigrasi yang terletak di Teluk Dalam, Kabupaten Kutai. Adapun mayoritas transmigran yang tinggal di lokasi tersebut berasal dari Pulau Bali. Transmigrasi mulai dilaksanakan pada akhir tahun 1980.

  • SALASILA KUTAI

    Naskah Salasila Kutai adalah sebuah naskah karya sastra yang bertendens sejarah yang didalm khasanah kesustraan maupun khasanah sejarah yang disebut dengan historiografi tradisional.