Katalog Buku Kalimantan Tengah

Menampilkan 1 - 16 dari 82

PENGUASAAN ASET DAN PERMASALAHAN AKSES PADA MASYARAKAT NELAYAN DI DESA UJUNG PANDARAN, KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR, KALIMANTAN TENGAH

Aset-aset penting yang dimiliki oleh masyarakat nelayan di Desa Ujung Pandaran terdiri atas pengetahuan dan keterampilan yang mereka gunakan dalam menjalankan aktivitas sebagai nelayan.

SISTEM KEPERCAYAAN TRADISIONAL MASYARAKAT SUKU DAYAK LAWANGAN

Kaharingan adalah nama agama masyarakat Dayak Ngaju di Kalimantan Tengah. Menurut masyarakat Dayak Ngaju, kaharingan telah ada beribu-ribu tahun sebelum datangnya agama-agama besar seperti Hindu, Budha, Islam dan Kristen.

UPACARA-UPACARA DAYAK NGAJU DI KALIMANTAN TENGAH ANTARA ADAT DAN AGAMA

Sebelum mengenal bermacam-macam agama resmi, orang Ngaju tidak dipisahkan dari kehidupan spiritualnya yang dikenal dengan kepercayaan Kaharingan.

GAGASAN PERSATUAN ETNIS DAYAK MASA PERGERAKAN NASIONAL DAN PEMBENTUKAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH (1905 - 1960)

Husman Baboe adalah salah satu tokoh Dayak yang ikut mempelopori perubahan bagi suku Dayak dan menjadi teladan bagi rakyatnya. Ia dikenal sebagai sosok yang toleran, akrab, terbuka dan tidak fanatik.

PERTAMBANGAN EMAS DI SUNGAI KATINGAN PERUBAHAN FUNGSI SUNGAI BAGI MASYARAKAT DAYAK NGAJU

Rendahnya harga rotan dan karet mendorong warga Penda Dahian beralih menjadi penambang emas di sungai.

DINAMIKA DAN INTEGRASI SOSIAL  DALAM PENGARUH INDUSTRI-INDUSTRI KEHUTANAN DISAMPIT 1957-2001

Sampit memang pernah dikenal karena peristiwa konflik antar etniknya yang terjadi pada tahun 2001.

KOLEKSI PENGINANGAN MUSEUM “BALANGA” DAN TRADISI MENGINANG DI KALIMANTAN TENGAH

Mengenal berbagai jenis atau bentuk perlengkapan menginang yang dimiliki oleh Museum Negeri Kalimantan Tengah “Balanga”, mengingatkan akan kebiasaan menginang yang pernah dilakukan nenek moyang pada masa lalu.

UPACARA-UPACARA ADAT PADA KOMUNITAS ADAT DAYAK TABOYAN DI KAB. BARITO UTARA, KALTENG

Upacara-upacara adat pada komunitas Dayak Taboyan, pada hakikatnya menjadi pedoman/norma-norma dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

DIASPORA MASYARAKAT CINA DI SAMPIT PADA 1847 SAMPAI 1942

Diaspora masyarakat Cina di Sampit dapat dijelaskan dengan beberapa fase kedatangan. Fase-fase tersebut yaitu (1) Fase kedatangan orang Orang Belanda (1817) dan Cina ke Sampit (1847).

SUNGAI DALAM KOSMOLOGI MASYARAKAT NGAJU

Kosmologi masyarakat Ngaju tidak dapat dilepaskan dari Kaharingan yang merupakan keyakinan asli suku Dayak.

PENGETAHUAN LOKAL MASYARAKAT DAYAK MA'ANYAN TERHADAP LINGKUNGAN DI KALIMANTAN TENGAH

Sebagai masyarakat petani peladang, hutan dan tanah bagi masyarakat Dayak Maanyan tentunya memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupannya.

MENGENAL KAHARINGAN

Kaharingan merupakan ajaran agama kepercayaan suku terbesar yang terbentuk dari berbagai unsur kepercayaan tradisional masyarakat di Kalimantan Tengah dan sebagian Kalimantan Selatan.

TOKOH-TOKOH PEJUANG KALIMANTAN TENGAH : PERAN DAN PEMIKIRANNYA

Perjalanan sejarah daerah Kalimantan Tengah diwarnai oleh peristiwa-peristiwa yang memunculkan semangat heroik dari para pejuang.

SENJATA TRADISIONAL DAN PAKAIAN ADAT DAYAK KALIMANTAN TENGAH

Senjata tradisional Dayak dan pakaian adat Dayak lahir dan berkembang sebagai hasil serapan dalam pergaulan budaya antar etnik dan bangsa.

SEJARAH REVOLUSI KEMERDEKAAN DAERAH KALIMANTAN TENGAH

Kalimantan Tengah dengan luas wilayahnya kurang lebih satu setengah kali pulau Jawa, dengan kondisi alamnya yang khas, lebih merupakan daerah pedalaman jika dipandang dari kota Banjarmasin yang merupakan pusat kegiatan administrasi pemerintahan dan pusat politik untuk Kalimanta