Katalog Buku Kalimantan Selatan

Menampilkan 1 - 16 dari 146

RITUAL ADAT DAN CERITA RAKYAT DAYAK HALONG

Buku Ritual Adat dan Cerita Rakyat Dayak Halong pada ruas satu bertajuk “Ihwal Dayak Halong” memuat tentang Etnografi Dayak Halong dan asal usul Kampung Halong.

MAMBANGKIT BATANG TARANDAM WAWARIS JURIAT BANUA  KAMBANG RAMPAI PUISI PANYAIR KALIMANTAN SELATAN

Dengan kegiatan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVIII Kabupaten Balangan Tahun 2021 dan terbitnya buah karya berupa buku  sastra yang berjudul Mambangkit Batang Tarandam Wawaris Juriat Banua (Kambang Rampai Puisi Aruh Sastra Kalimantan Selatan XVIII), dapat me

MARANTING MARGA KAMIRAWAAN BULAN GUGUR DI ASUHAN DATU KANDANG HAJI  KALUMPU PAMBAIKNYA BAHARATAN MAULAH KISAH RAKYAT BALANGAN

Dengan kegiatan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVIII Kabupaten Balangan Tahun 2021 dan terbitnya buah karya berupa buku  sastra yang berjudul Maranting Marga Kamirawaan Bulan Gugur di Asuhan Datu Kandang Haji (Kalumpu Pambaiknya Baharatan Maulah Kisah Rakyat

SYAIR GANDUT PAMALI DATU BAKSA KAMBANG  KALUMPU PAMBAIKNYA BAHARATAN MAULAH SYAIR BANJAR

Dengan kegiatan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVIII Kabupaten Balangan Tahun 2021 dan terbitnya buah karya berupa buku  sastra yang berjudul Syair Gandut Pamali Datu Baksa Kambang (Kalumpu Pambaiknya Baharatan Maulah Syair Banjar), dapat menjadi tambahan lit

LAMBANG-LAMBANG DAERAH SE PROPINSI KALIMANTAN SELATAN

Lambang-lambang pemerintahan daerah baik Tingkat I, II maupun Kotamadya pada dasarnya merupakan pencerminan atau cukilan dari kebudayaan daerah yang bersifat khas Kalimantan yang mana kebudayaan daerah tersebut merupakan sumber daripada Kebudayaan Nasional.

ARANGAN ANYAMAN KHAS PADA KOMUNITAS ADAT DAYAK MERATUS DI KABUPATEN BALANGAN, KALIMANTAN SELATAN  (Antara Religi, Upacara, dan Peralatan)

Arangan adalah salah satu jenis anyaman tradisional pada masyarakat Dayak Meratus di Kalimantan Selatan. Kerajinan anyaman (arangan) pada komunitas Dayak Meratus ini ternyata mempunyai keanekaragaman.

BAPANDUK (SISTEM BARTER) DI PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN KABUPATEN BANJAR

Sejarah pasar terapung di Kalimantan Selatan bermula dari berdirinya Kerajaan Banjar pada tahun 1520. Salah satu pasar terapung yang telah ada sejak zaman Kerajaan Banjar adalah Pasar Terapung Lok Baintan.

KOTA MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA DALAM LINTASAN SEJARAH

Orang-orang lebih mengenal Banjarmasin sebagai bandar atau pelabuhan besar, tetapi belum mengenal bandar-bandar lain, seperti Bandar Muara Bahan (Marabahan), Bandar Rampiau, dan Bandar Muara Mulak Negara.

BUNYI BANJAR CATATAN-CATATAN ETNOMUSIKOLOGI

Bunyi Banjar dalam buku ini adalah buku yang merupakan satu koleksi penelitian yang telah di jalankan di Kalimantan Selatan.

PENGUATAN DAN PELEMAHAN PERSATUAN BANGSA : MEDIA DAN TOKOH DI KALIMANTAN SELATAN (1923 - 1959)

Dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan, P.M. Noor berhasil membagun persatuan dan kesatuan dari misi yang dibangunnya dari semua wilayah di Kalimantan.

SEJARAH, ETNISITAS, DAN KEBUDAYAAN BANJAR

Perihal mengenai etnisitas, sejarah, dan budaya Banjar yang menjadi tema sentral dari seluruh tulisan pada buku Sejarah, Etnisitas, dan Kebudayaan Banjar ini telah menyita perhatian penulis.

MITIGASI BENCANA : STUDI KASUS BANJIR DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Hampir seluruh negara di dunia mengalami masalah banjir, baik di negara maju dan berkembang. Negara berkembang yang sering mengalami banjir dengan frekuensi semakin meningkat setiap tahunnya adalah Indonesia.

KISAH GERILA KALIMANTAN

Dalam buku Kisah Gerila Kalimantan ini membahas mengenai Kalimantan Diachir Perang Dunia II, Proklamasi 17 Agustus 1945, Nica Berkuasa, Persiapan Perdjoangan Kalimantan di Djawa, Nasib Kaum Pemberontak, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Lahirnja ALRI Divisi IV Per

PANTANG LARANG DALAM MASYARAKAT DAYAK HALONG DI KABUPATEN BALANGAN KALIMANTAN SELATAN

Pantang larang untuk saat sekarang sudah mulai banyak ditinggalkan oleh sebagian besar masyarakat. Kemajuan teknologi dan kebebasan berfikir menjadi salah satu faktor penyebab mulai ditinggalkan aturan-aturan tersebut.

INTEGRASI SOSIAL MASYARAKAT TRANSMIGRASI JAWA :  DI DESA PURWOSARI KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA, PROPINSI KALIMANTAN SELATAN

Perkembangan dan perubahan terjadi karena adanya interaksi yang terjadi antara masyarakat trans dengan masyarakat lokal khususnya Banjar.

EKSISTENSI KESENIAN GANDUT DI KALIMANTAN SELATAN

Kehidupan kesenian sangat berkaitan erat dengan masyarakat, budaya, dan lingkungan tempat kesenian tersebut berkembang.