Katalog Buku Kalimantan Barat

Menampilkan 1 - 16 dari 640

KELEDIK ALAT MUSIK TRADISIONAL DARI KABUPATEN SINTANG

Keberadaan alat musik tradisional keledik yang merupakan jenis alat musik tiup.

KUMPULAN CERITA RAKYAT KALIMANTAN JILID II

Buku Kumpulan Cerita Rakyat Kalimantan ini merupakan seri cerita rakyat yang kami dapat ketika BPNB Kalimantan Barat mengadakan lomba penulisan cerita rakyat se Kalimantan.

KUMPULAN CERITA RAKYAT KALIMANTAN JILID I

Buku Kumpulan Cerita Rakyat Kalimantan ini merupakan seri cerita rakyat yang kami dapat ketika BPNB Kalimantan Barat mengadakan lomba penulisan cerita rakyat se Kalimantan.

UPACARA ADAT NYAPAT TAON DI SUKADANA

Upacara nyapat taon adalah salah satu dari sekian banyak upacara adat yang dimiliki oleh masyarakat Melayu di Dusun Tanjung Belimbing, Desa Pangkalan Buton, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

NASIONALIS DI LINGKUNGAN ARISTOKRAT ISLAM SAMBAS

Studi tentang tokoh sejarah dalam buku yang berjudul Nasionalis di Lingkungan Aristokrat Islam Sambas ini ditempatkan sebagai jendela untuk memahami perkembangan nasionalisme di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat.

RELIGI KOMUNITAS ADAT DAYAK SALAKO DI DESA BAGAK SAHWA, SINGKAWANG TIMUR, KOTA SINGKAWANG

Komunitas adat secara umum merupakan kelompok masyarakat yang sebagian besar masyarakatnya masih hidup secara tradisional dengan tetap mempertahankan kepercayaan-kepercayaan lokal yang diwariskan secara turun-temurun.

SEMAH LAUT KARIMATA DAN MAKNA-MAKNA SIMBOLIKNYA

Semah laut merupakan tradisi ritual unik yang berlangsung di Pulau Karimata pada setiap awal April setiap tahunnya. Disebut unik karena maski bernama semah laut, pada pelaksanaannya tetap melibatkan daratan sebagai tujuan dari prosesinya.

PENUTUR TRADISI LISAN KAYAAN MENDALAM Mereka Yang Berjuang Melintasi Zaman

Alel Sano, I.S. Paran, Lambertus Hibo, Faustina Hasung, Martha Haran, dan Fronika Buaa’ adalah para penutur tradisi lisan dari Kayaan Mendalam yang berjuang melintasi zaman.

PEREMPUAN ADAT PENJAGA TRADISI Kajian Tentang Peran Perempuan Kayaan Dalam di Kapuas Hulu Dalam Pemeliharaan Kebudayaan

Masyarakat Kayaan Mendalam di Kabupaten Kapuas Hulu yang bermukim di Desa Datah Dian, Desa Pandua Mandalam, dan Desa Tanjung Karang merupakan bagian dari masyarakat adat Ketemenggungan Kayaan Mendalam.

BEDUDU  Kebertahanan Seni Tutur Dayak Desa (Studi Pada Betang Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang)

Seni tutur bedudu Dayak Desa di Betang Ensaid Panjang merupakan bentuk pertunjukan seni tradisi masyarakat Dayak Desa yang berisi penuturan atau penyampaian teks sastra secara lisan oleh beberapa orang pemain/penutur kepada khalayak/penonton, dengan menggunaka

PENGOBATAN TRADISIONAL PADA MASYARAKAT PEDESAAN DI KALIMANTAN BARAT

Kemajuan dan perkembangan cara cara pengobatan moderen telah menjadi bukti berhasilnya penerapan ilmu pengatahuan dan teknologi. Pemerintah bahkan mendorong penggunaan obat-obat tradisional yang lazim di sebut jamu.

KEBERTAHANAN PERMUKIMAN DI TEPIAN AIR KOTA PONTIANAK

Respon masyarakat selama bermukim menyebabkan kebertahanan di permukiman rumah panggung tepian Sungai Kapuas Pontianak, respon tersebut berupa kapasitas masyarakat.

HUKUM ADAT TANAH PADA MASYARAKAT DAYAK BENUAQ DI KABUPATEN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR

Pengolahan atau pengusahaan atas tanah yang belum pernah atau tidak pernah diolah atau diusahakan oleh orang lain atau dengan kata lain orang tersebut merupakan orang pertama dalam mengolah atau membuka hutan yang akan dijadikan ladang, maka orang tersebut yang mempunyai hak at

KAMUS BAHASA BAKATI’ PALAYO - INDONESIA

Bahasa Bakati’ Palayo merupakan salah satu bahasa daerah yang ada di Kabupaten Bengkayang.

HANDEP VOLUME 4 NOMOR 1, DESEMBER 2020 JURNAL SEJARAH DAN BUDAYA

Jurnal Handep  Volume 4 Nomor  1, Desember 2020 ini memuat 5 (lima) artikel. 4 (empat) artikel sejarah yang menyentuh aspek-aspek gejala perkotaan dan “pembangunan” dan 1 (satu) artikel budaya mengkaji tentang struktur sosial.

HANDEP VOLUME 3 NOMOR 2, JUNI 2020 JURNAL SEJARAH DAN BUDAYA

Jurnal Handep  Volume 3 Nomor  2, Juni 2020 ini memuat 5 (lima) artikel. Dua artikel berupa sejarah pemikiran yang disuguhkan melalui pendekatan berbeda yakni sejarah perempuan dan pendekatan politik kebudayaan.