LAWATAN SEJARAH KALIMANTAN SELATAN 2011

LAWATAN SEJARAH KALIMANTAN SELATAN 2011

 

Kegiatan lawatan sejarah daerah (laseda) Kalimantan Selatan 2011 yang mengambil tema “Dengan Menelusuri Peninggalan Sejarah, Kita Rajut Simpul-Simpul Ke Indonesiaan di Tanah Banjar” merupakan salah satu program Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Pontianak yang wilayah kerjanya meliputi seluruh kepulauan Kalimantan bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan informasi tentang perjalanan sejarah sebagai sarana untuk menanamkan rasa nasionalisme, persatuan dan kesatuan bangsa dalam memperkokoh integritas dan jatidiri bangsa kepada para peserta laseda.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswi perwakilan beberapa sekolah SMU,SMK sederajat yang berada di Banjarmasin dengan pendampingan beberapa guru merupakan sebuah metode pengajaran alternative kreatif, yakni perpaduan antara belajar, diskusi, dan rekreasi ini diharapkan bisa menghindari kejenuhan para pelajar dalam pembelajaran terstruktur didalam kelas.

Diharapkan nantinya setelah para peserta laseda dibawa ketempat-tempat bersejarah yang memiliki nilai simpul perekat akan lebih mencintai budaya banua Kalimantan Selatan sebagai bagian integral dari cinta tanah air.

Lokasi-lokasi yang dikunjungi dalam kegiatan laseda 2011 meliputi beberapa tempat yang berada di Banjarmasin dan Banjar Baru diantaranya :

1.      Komplek Makam Sultan Suriansyah;

2.      Masjid Jami Sultan Suriansayh;

3.      Makam Pangeran Antasari;

4.      Museum Wasaka;

5.      Makam Pahlawan Nasional Hassan Basri;

6.      Museum Lambung Mangkurat;

7.      Pertambangan Intan Warga Cempaka;

8.      Komplek makam Sultan Adam, dan

9.      Sentra bisnis Permata Martapura.