Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (Laseda ) 2012

 

Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (Laseda ) 2012

 

 

Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Pontianak sebagai kegiatan rutin tahun anggaran 2012 diadakan di Provinsi Kalimantan Tengah. Pelaksanaanya peserta dari Kalteng dibawa ke Propinsi Kalimantan Selatan. Hal ini dilakukan untuk merajut simpul-simpul sejarah dari dua wilayah tersebut dan mengenalkan bahwa pada awalnya mereka adalah satu.

Temanya “Merajut Simpul-simpul Sejarah Kalimantan Tengah Dan Kalimantan Selatan Dalam Memperkuat Jati Diri dan Karakter Bangsa”. dilaksanakan selama 4 (empat)hari yaitu mulai tanggal 18 Juni – 21 Juni 2012. Acara pembukaan dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pendidikan Nasional, Palangka Raya, Propinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dibuka resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kalteng, Yustina Timpung,yang mewakili Kepala Dinas. Pembukaan di Kalteng dan acara penutupan di Aula Sekolah MAN 2 Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

              Kegiatan Lawatan Sejarah ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari 45 orang siswa-siswi SMU/SMK se-Banjarmasin dan5 orang guru-guru sejarah SMU/SMK yang ada di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Pada kegiatan Lawatan Sejarah Daerah ini, kegiatan dilakukan dengan mengadakan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Kalimantan Selatan, yaitu di Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura. Dalam kegiatan tersebut juga diikuti dengan beberapa kegiatan pendukung diantaranya adalah diskusi dengan narasumber dari pusat dan daerah, tugas kelompok antar peserta lawatan yaitu membuat laporan hasil lawatan sejarah dan selanjutnya mempresentasikannya dihadapan para peserta, narasumber dan panitia pelaksana. Selain itu juga diadakan acara penutupan dengan mempersembahkan lagu daerah, baca puisi dan tari-tarian, pencak silat oleh para peserta.

Dari pengakuan para peserta lawatan baik dari siswanya maupun gurunya, kegiatan seperti ini sangat menunjang dalam pengajaran khususnya pelajaran sejarah di sekolah mereka. Hal ini dikarenakan bahwa selama ini dalam pelajaran sejarah, guru hanya bercerita khususnya sejarah nasional, sedangkan sejarah lokal/daerahnya tidak mereka ketahui, sehingga dirasakan bahwa pelajaran sejarah di sekolah itu sangat membosankan. Tetapi masih menurut pengakuan para peserta lawatan, bahwa pelajaran sejarah dengan cara mengunjungi objek-objek bersejarah ternyata lebih menarik.

Dari seluruh rangkaian kegiatan Lawatan Sejarah Daerah oleh peserta dari Kalimantan Tengah ini yang kegiatannya banyak diselenggarakan di Propinsi Kalimantan Selatan ini dari awal hingga selesai, maka dilihat dari kreativitas peserta, melihat tugas-tugas yang diberikan panitia, serta keterampilan dan kecerdasan para peserta lawatan sejarah, maka pada akhir kegiatan ini dipilih satu orang peserta lawatan sejarah sebagai peserta terbaik yang akan diutus untuk mengikuti Kegiatan Lawatan Sejaran Nasional X yang akan diselenggarakan di Propinsi Jambi pada bulan Oktober 2012. Adapun peserta terbaik yang berhasil terpilih adalah: Purwanto yang merupakan Siswa SMA N 1, Palangka Raya, Propinsi Kalimantan Tengah.