JUDUL PENELITIAN HASIL SEMINAR DESIGN REARCH DI KABUPATEN KU

  JUDUL PENELITIAN

HASIL SEMINAR DESIGN REARCH DI KABUPATEN KUBU RAYA TAHUIN 2014

 

Dalam anggaran tahun 2014 ini, Balai Pelestarian Nilai Budaya Pontianak telah memberikan tugas kepada peneliti untuk melakukan penelitian sebanyak 15 judul penelitian yang lokasinya tersebar di seluruh wilayah kerja BPNB Pontianak yaitu Propinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat sendiri. Setelah diadakan pembedahan terhadap design research yang diajukan dalam seminar yang dilakukan dari    tanggal 23 – 26  Pebruari  2014 yang dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan narasumber dari LIPI dan Staf Pengajar UGM Jogyakarta, maka perbaikan-perbaikan dari hasil seminar tersebut adalah dilakukannya pembedahan terhadap isi rancangan penelitian dan judul penelitian yang disesuaikan dengan rancangan isi penelitian tersebut.

Adapun judul-judul penelitian tersebut adalah sebagai berikut :

1.   Peranan Syekh Abdusshamad  dan Sejarah Awal Persebaran Islam pada Masyarakat Bakumpai di Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan Oleh Dra. Hendaswati dan kawan-kawan.

2.    Pers dan Pemikiran Kaum Intelektual di Borneo Barat pada Akhir Masa Kolonial di provinsi Kalimantan Barat oleh Dana Listiana, S.S dan kawan-kawan.

3.    Nilai-nilai Budaya dalam Upacara Haulan K.H.M. Zaini Abdul Gani di Martapura, Provinsi Kalimantan Selatan oleh M. Natsir, M.Si dan kawan-kawan.

4.    Sejarah Sosial Kota Balikpapan : Dari Rawa Menjadi Sumber Harta 1907 – 1942 di Provinsi Kalimantan Timur oleh  Dra. Lisyawati Nurcahyani, M.Si dan kawan-kawan.

5.    Nilai-nilai Tradisi dan Agama pada Masyarakat Dayak Tunjung di Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur oleh Drs. Poltaj Johansen, M.Si dan kawan-kawan.

6.    Sejarah Berau dari Kesultanan Menuju Negara Kesatuan Republik Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur oleh Dra. Juniar Purba, M.Si dan kawan-kawan.

7.     Kaharingan : Agama Suku Dayak di Provinsi Kalimantan Tengah oleh Paulus Jasmin dan kawan-kawan.

8.    Kajian Nilai Budaya dan Fungsi Kuliner Tradisional Masyarakat Banjar di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan  Selatan oleh Neni Puji Nurrahmawati, S.Si dan kawan-kawan.

9.    Klaim Masyarakat Dayak Tomun terhadap Asal Usul Mereka di Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah oleh Fathul Futuh Tamam, S.S dan kawan-kawan.

10. Nyopuh Tradisi Pengambilan Madu pada Masyarakat Dayak Bidayuh Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat oleh Wahyu Damayanti, S.Pd dan kawan-kawan.

11.  Sejarah Penyebaran dan pengaruh Islam di Kota Waringin di Provinsi Kalimantan Tengah oleh Dra. Juniar Purba, M.Si dan kawan-kawan.

12.  Tanaman Niaga di Borneo Barat pada Awal Abad ke 20 (Studi tentang Karet dan Kelapa) oleh Any Rahmayani, S.S dan kawan-kawan.

13.  Iban dan Konstruksi Kebudayaannya di Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat oleh Moch. Andre WP dan kawan-kawan.

14.  Pengobatan Tradisional Masyarakat Dayak Halong di Balangan Provinsi Kalimantan Selatan oleh Sisva Maryadi, S.Sos dan kawan-kawan.

15. Fenomena Budaya dalam Penyembuhan Penyakit secara Tradisional : Ramuan Obat dari Tumbuh-Tumbuhan  Hutan di Kabupaten Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur oleh Wilis Maryanto, SH dan kawan-kawan.

Proposal yang telah disempurnakan ini dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan penelitian di lapangan.