Jejak Tradisi Daerah Kalimantan Barat Tahun 2012

 

 

 

Jejak Tradisi Daerah Kalimantan Barat Tahun 2012

di Kabupaten Landak

 

 

BPSNT Pontianak, Wilayah Kalimantan telah melaksanakan kegiatan Jejak Tradisi Daerah (JETRADA) Kalimantan Barat selama 4 hari yaitu dari tanggal 26 hingga 29 April 2012, yang dilaksanakan di Kabupaten Landak. Tema Jetrada Kalbar tahun 2012 adalah : “Memahami Budaya Lokal Dalam Rangka Pembentukan Karakter Bangsa”.

 Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Jetrada ini adalah:

a.    Agar siswa/i mampu menghargai dan menghayati budaya sendiri sebagai bentuk indetitas diri dan mampu menghargai budaya orang lain,

b.    Agar siswa/i dapat memahami kebudayaan daerah yang majemuk sebagai salah satu modal dan kekayaan bangsa Indonesia dalam membentuk jati diri bangsa yang bermartabat.

c.    Agar nilai-nilai budaya positif yang ada dalam masyarakat langsung dihayati dan dipahami para siswa/i sebagai generasi penerus bangsa.

Kegiatan Jejak Tradisi Daerah Kalbar ini diikuti oleh 50 orang siswa/siswi SMA yang terdiri dari 40 siswa/siswi SMA dari Pontianak dan 10 siswa/siswi SMA dari Kabupaten Landak. Selain itu siswa/siswi itu didampingi oleh guru pendamping sebanyak 8 orang. Narasumber utama yaitu Bapak Dr. Herculanus Bahari Sinju, M.Pd yang merupakan dosen FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Landak (Dr. Adrianus Asia Sidot) beserta istri dan rombongan, di mana selain beliau membuka kegiatan ini secara resmi juga berkesempatan memberikan materi/dialog kepada peserta Jejak Tradisi Daerah Kalbar terutama mengenai budaya-budaya masyarakat di Kabupaten Landak.

Selama 2 hari (Kamis dan Jumat) kegiatan Jetrada Kalbar dilaksanakan di rumah panjang/betang di Kampung Saham, Kabupaten Landak. Dua hari berikutnya kegiatan Jejak Tradisi ini dilaksanakan di hotel Dangau, Kabupaten Landak. Selain melaksanakan diskusi dengan nara sumber, peserta juga diberi tugas secara berkelompok, di mana dari seluruh peserta dibagi menjadi 5 kelompok, yang masing-masing membahas tentang: Hukum Adat, Kerajinan Masyarakat, Kesenian Masyarakat, Upacara Adat Naik Dango dan Arsitektur Rumah Betang. Setiap kelompok diberi tugas untuk melakukan riset/penelitian sederhana mengenai budaya-budaya masyarakat di Kabupaten Landak. Selain itu peserta juga berkesempatan berkunjung ke Keraton Ismahayana Landak serta kunjungan ke pengrajin Tudung Saji yang merupakan hasil kerajinan tangan khas di Kabupaten Landak. Para peserta dengan didampingi oleh beberapa guru pendamping nampak sangat menikmati kegiatan ini dan saling beradu kreatif dalam berdiskusi dan dalam tugas kelompoknya untuk menulis.

Pada akhir kegiatan dipilih dua (2) orang siswa yang akan mewakili Kalbar dalam kegiatan Jejak Tradisi Nasional (JETRANAS) yang akan dilaksanakan di Yogyakarta. Dua (2) orang siswa tersebut adalah Susiyanti (siswi dari SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Pontianak) dan Giopanus Remo Pratama (siswa dari SMA Santo Paulus Pontianak).