PATANJALA VOL. 10 NO. 3 SEPTEMBER 2018

Pengarang: 

LINA MEILINAWATI RAHAYU, FIRDAUS MARBUN, ANGGA PUSAKA HIDAYAT DKK, DZULFIKAR AL-ANBIYA DKK, BUDIMANSYAH, FAHMI GUNAWAN, YOSTIANI NOOR ASMI HARINI DKK, LELI YULIFAR, EDI SETIADI PUTRA DKK, NURSOLIHAH DKK, FAUJIAN ESA GUMELAR DKK

Penerbit: 

BPNB JAWA BARAT

Tahun Terbit: 

2018

Daerah/Wilayah: 
Jawa Barat
Rak: 

051 (050-059)

ISSN/ISBN: 

2085-9937

Jumlah Halaman: 
192

Sejumlah artikel yang terdapat dalam Jurnal Patanjala Vol. 10 No. 3 ini dapat dibingkai dalam kajian nilai budaya. Nilai budaya merupakan konsesi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar warga masyarakat mengenai hal-hal yang dianggap mulia. Nilai-nilai itu dijadikan orientasi dan rujukan bertindak dalam kehidupan sehari-hari baik secara individual, kelompok atau masyarakat secara keseluruhan. Ada 11 artikel yang terdapat didalam jurnal ini, meliputi:
1. Lina Meilinawati Rahayu mengungkap representasi “perempuan matang” dalam majalah Pesona yang mengkhususkan diri pada segmen pembaca perempuan dewasa.
2. Firdaus Marbun menelaah lelang lebung dalam konteks ekspansi kekuasaan, kesadaran ekologis dan strategi ekonomi di Sumatera Selatan.

3. Angga Pusaka Hidayat dan Widyonugrahanto menulis perjalanan hidup salah seorang tokoh pergerakan pemuda Sunda, Emma Poeradiredja.

4. Dzulfikar Al-anbiya, Aquarini Priyatna, R.M. Mulyadi membahas mengenai musik di pesantren yang direpresentasikan sebagai sebuah ideology dalam film Baik-Baik Sayang.

5. Budimansyah, Kunto Sofianto, Reiza D. Dienaputra mengungkap Talaga Rena Mahawijaya sebagai solusi bencana.

6. Fahmi Gunawan membahas pedoman simbol hari baik dan hari buruk masyarakat Bugis di Kota Kendari.

7. Yostiani Noor Asmi Harini dan Ani Rostiyati mengkaji nilai keterdidikan perempuan Sunda dalam cerita Nini Anteh.

8. Leli Yulifar menulis asal-usul dan eksistensi Kabuyutan Cipageran.

9. Edi Setiadi Putra, M. Djalu Djatmiko, M. Arif Waskito mengulas makna Patikrama Tatanen Huma Sunda, suatu prinsip pengelolaan lading yang terkait dengan sistem pelestarian ekosistem hutan tropis.

10. Nursolihah dan Reiza D. Dienaputra menganalisis diskriminasi ras dalam novel Sunda Sripanggung karya Tjaraka.

11. Faujian Esa Gumelar dan R.M. Mulyadi membedah polemik A. Hassan dan Muchtar Luthfi mengenai paham kebangsaan dalam periode 1929-1935.