BERKALA ARKEOLOGI VOL. 38 NO. 2 NOVEMBER 2018

Pengarang: 

HAFIFUL HADI SUNLIENSYAR, KAYATO HARDANI, GALIH SEKAR JATI NAGARI, LENGKONG SANGGAR GINARIS, HENY BUDI SETYORINI DKK

Penerbit: 

BALAI ARKEOLOGI D. I YOGYAKARTA

Tahun Terbit: 

2018

Daerah/Wilayah: 
Daerah Istimewa Yogyakarta
Rak: 

051 (050-059)

ISSN/ISBN: 

0216-1419

Jumlah Halaman: 
99

Berkala Arkeologi Vol. 38 No. 2 tahun 2018 ini memuat 5 (lima) artikel yang ditulis dari berbagai peneliti dan praktisi yaitu dari Program Magister Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya UI, Jurusan Arkeologi Pasca sarjana UGM, Institut Teknologi Yogyakarta, Aix Marseille Universite’Prancis, dan Balai Arkeologi D.I Yogyakarta. Artikel yang dimual dalam edisi ini memiliki tema beragam yang merepresentasikan hasil penelitian arkeologi dari kurun periode Prasejarah, Klasik/Hindu-Budha dan Kolonial. Adapun ke-5  artikel yang dimuat dalam Vol. 38 No. 2, Edisi November 2018 ini meliputi :

  1. Hafiful Hadi Sunliensyar. Artikel yang ditulis berjudul “Lanskap Arkeologi Dalam Perspektif Prosesual dan Pasca Prosesual :  Studi Kasus Kompleks Megalitik di Dataran Tinggi Jambi”. Artikel ini mencoba menyuguhkan data arkeologi yang dibahas dengan kerangka pikir yang berbeda, yaitu paradigma prosesual dan pasca prosesual .
  2. Kayato Hardani, berjudul “Pemakaian Istilah Bahasa Sansekerta Pada Nama Diri di Dalam Prasasti Poh (827 Caka) :  Tinjauan Perspektif Identitas”. Dalam tulisan ini tulisan ini mencoba mengulas makna pemakaian nama diri pada masyarakat Jawa Kuna sebagaimana yang terekam di dalam Prasasti Poh.
  3. Galih Sekar Jati Nagari, dengan artikel berjudul “Lanskap Perkebunan Tembakau Kebonarum dan Gayamprit Kabupaten Klaten”. Artikel ini berusaha untuk memaparkan kondisi perkebunan Kebonarum-Gayamprit yang kini masih menjadi perkebunan aktif di Kabupaten Klaten sejak masa Pemerintahan Hindia Belanda hingga masa sekarang.
  4. Lengkong Sanggar Ginaris , artikel yang berjudul “Permukiman Emplasemen Pabrik Gula Purworejo (1910-1933)”.  Artikel ini menulis tentang Pabrik Gula Purworejo mengungkapkan konsep yang digunakan dalam pembangunan permukiman emplasemen Pabrik Gula Purworejo pada masa kolonial dan mengapa konsep tersebut dipilih.
  5. Heny Budi Setyorini, Ahmad Surya Ramadhan, Marseille, Hery Priswanto mengangkat tulisan yang berjudul “Peranan Ekologis Shipwreck Atau Exposed Shipwreck Sebagai Media Hidup Karang di Pulau Pengembangan dan Pemanfaatan Shipwreck Atau Exposed Shipwreck .