Pepes Ikan, Kuliner Kalbar

Provinsi: 
Kalimantan Barat

Pepes Ikan, adalah salah satu jenis kuliner khas Kalbar. Di Kalimanan Barat banyak kuliner yang dibuat dengan bahan dasar ikan, karena di Kalbar banyak terdapat sungai dan sungai yang paling lebar dan panjang adalah sungai Kapuas. Kekhasan pepes Kalbar ini dibanding dengan pepes di daerah lain, karena pepes di Kalbar  diberi daun kesum.

Kuliner kalbar

 

Bahan:

Ikan pepes meruapakan makanan ciri khas Kalimantan Barat. Kekhasannya dibandingkan dengan pepes daerah lainkarena diberi daun kesum. Pepes ikan ini enak dimakan terutama ketika hangat. Makanan ikan pepes dapat dibuat dari ikan laut atau ikan sungai. Ikan laut itu antara lain: gembung, temenung, dan gembung pisang. Sedangkan ikan sungai adalah: ikan belidak yang diambil adalah siripnya, dan ikan lais. Adapun bahan-bahannya adalah:

1. Bahan Pokok:

1 kg ikan gembung atau jenis ikan lainnya seperti yang telah disebutkan di atas. Bahan lain yang dibutuhkan adalah daun pisang. Jika daun pisang terbatas, sebagai pembungkus dapat digunakan satu lapis saja. Walaupun yang paling baik menggunakan beberapa lapis daun pisang.

2. Bumbu:

Bumbu yang diperlukan untuk membuat pepes ikan ini adalah:

a. Asam jawa secukupnya

b. Bawang putih 3 siung

c. Bawang merah 8 siung

d. Serai 2 batang

e. Lengkuas 3 cm

f. Kunyit 2 ibu jari

g. Keminting 10 biji

h. Cabe kering/cabe besar

i. Garam secukupnya

j. Bumbu penyedap secukupnya

k. Daun kunyit dan daun kesum diiris halus

 

Cara mengolah:

1. Haluskan semua bumbu dari nomor b sampai dengan h, setelah halus diberi air asam jawa maupun daun kunyit dan daun kesum. Setelah tercampur semua bumbu tersebut semuanya kemudian digaulkan pada ikan, menggaulnya harus rata, dibagi menjadi dua atau tiga dibungkus dengan daun pisang, daun pisang tersebut harus beberapa lembar yaitu 3 atau 4 lembar gunanya pada saat memanggang, harus dijaga supaya tidak hangus. Kalau daun pisang terbatas, gunakan seadanya.

2. Setelah terbungkus rapi, kukuslah ikan tersebut. Setelah diperkirakan masak, diangkat untuk dipanggang sebentar di atas api. Jika ingin aromanya lebih wangi tidak usah dikukus tapi langsung dipanggang di atas api. Jika ingin dipanggang langsung, maka daun pisang untuk melapisnya herus lebih banyak.

Cara memasak: dimasak di atas api, kemudian ikan dikukus dengan dibungkus daun pisang. Setalah itu dipanggang di atas api.

Cara penyajian:

Agar kesannya tradisional dan menarik, sajikan pepes ini bersama daun pisangnya. Letakkan ikan tersebut pada piring yang lebih datar.

Cara makan: dimakan sebagai lauk pauk, dimakan bersama nasi.

Fungsi (sehari-hari, pengobatan, upacara): sehari-hari

 

Sumber data: Asmara, U. Husna. 1997. “Aneka Resep Masakan Khas Kalbar”. Pontianak: Penerbit Romeo Grafika.

Penginput data: Neni Puji Nur Rahmawati