Kuliner Nasi Ketupat Napu, Kandas Suna dan Petai

Provinsi: 
Kalimantan Tengah

Kuliner

Nasi Ketupat Napu

Nasi Ketupat Napu

 

Nasi Ketupat Napu bisa ditemukan di Kabupaten Katingan. Kuliner ini berbahan 10 buah ketupat napu (kantung semar) cuci bersih, seperempat kilogram beras cuci bersih dan tiriskan, air untuk merebus.

cara pengolahan

Beras dimasukkan ke setiap ketupat napu, dan pastikan ketupat terisi setengahnya. Rebus air dalam panci hingga mendidih kemudian masukkan ketupat napu dan susun dengan rapi didalam panci. Biarkan hingga air agak berkurang dan tambahkan lagi airnya. Didihkan kembali hingga air agak kering dan beras yang dimasak dalam ketupat matang. Angkat dan siap sajikan.

Ketupat Napu merupakan makanan sehari-hari dan bisa dimakan begitu saja karena memang memiliki aroma tertentu yang sudah enak atau bisa juga ditemani lauk pauk lainnya.

 

sumber

Rawing, Sunarti Duwel. 2012. Resep Masakan Khas Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah, Kalteng : TP. PKK

 

Kandas Suna dan Petai

Kandas Suna dan Petai

 

Kuliner ini berasal dari Kabupaten Katingan. Bahan yang diperlukan diantaranya adalah 20 biji petai, 350 gram suna, setengah ons cabe yang digiling, 5 butir bawang merah (iris sampai halus), 2 buah tomat dicincang, 5 sendok makan minyak untuk menumis, 1 buah jeruk nipis (peras ambil airnya), 1 sendok teh gula pasir

Untuk mengolahnya pertama petai dikupas ambil bijinya lalu goreng sampai berubah warna, angkat dan tiriskan. Kedua, tumis bawang merah sampai kecoklatan dan tambahkan cabai merah dan tomat. Lalu masukkan petai dan suna, aduk rata lalu tambahkan air jeruk dan gula. Masak suna jangan sampai terlalu matang kemudian diangkat.

Kandas Suna dani merupakan makanan sehari-hari dan bisa disajikan dengan nasi atau sebagai pelengkap lauk.

sumber data

Rawing, Sunarti Duwel. 2012. Resep Masakan Khas Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah, Kalteng : TP. PKK