Kerabu Asam, Kuliner Kalbar

Provinsi: 
Kalimantan Barat

Kerabu Asam, adalah nama salah satu kuliner khas Kalbar. Makanan ini berupa lauk-pauk dari bahan ikan gabus atau ikan betook.

Kuliner Kalbar

 

Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kerabu Asam adalah sebagai berikut:

1. 1 atau 2 buah asam (asam apa saja yang muda atau setengah matang)

2. 10 cabai merah

3. Terasi secukupnya

4. Garam secukupnya

5. Ikan bakar (ikan gabus atau ikan betook)

6. Vetsin bila suka

 

Cara mengolah:

Ulek cabai merah dan garam secukupnya, kemudian tambahkan terasi yang sudah dibakar, masukkan vetsin secukupnya. Setelah menyatu kemudian ambillah asam yang sudah dicincang memanjang, kemudian ulek sampai merata dengan bumbu cabai dan terasi. Setelah menyatu masukkan ikan bakar yang sudah dibuang tulangnya, gaulkan ikan tersebut dengan sambal asam sehingga menyatu. Jangan diulek-ulek agar ikan tersebut tidak hancur, diamkan sebentar sampai bumbu asam dan ikan meresap.

Cara memasak: tidak dimasak di atas api, tetapi semua bahan mentahan saja, lalu haluskan dan gaul/campurkan menjadi satu. Kecuali ikan dibakar terlebih dahulu, kemudian digaulkan pada bumbu/cabai yang telah dihaluskan tersebut.

Cara penyajian: Untuk menambah semaraknya masakan dan agar kelihatan menarik, maka tempat yang cocok untuk masakan ini adalah piring yang berbentuk oval (bujur) /piring yang tidak terlalu cembung.

Cara makan: dimakan sebagai pendamping makan nasi.

Fungsi (sehari-hari, pengobatan, upacara): Sebagai makanan sehari-hari

 

Sumber data: Asmara, U. Husna. 1997. “Aneka Resep Masakan Khas Kalbar”. Pontianak: Penerbit Romeo Grafika.

Penginput data: Neni Puji Nur Rahmawati