Gulai Tempoyak, Kuliner Kalbar

Provinsi: 
Kalimantan Barat

Gulai tempoyak, adalah kuliner khas Kalimantan Barat. Makanan ini adalah sejenis lauk-pauk yang berbahan dasar dari ikan dan dicampur dengan daging durian yang telah diawetkan.

Kuliner kalbar

Bahan-bahan untuk membuat gulai tempoyak ini adalah:

  1. Bahan Pokok,

Bahan poko untuk memasak gulai tempoyak adalah ikan segar sesuai dengan selera seseorang, yang biasa digunakan adalah ikan air tawar atau ikan sungai. Ikan sungai inipun tidak seluruhnya enak dimasak tempoyak. Ikan yang sering dimasak tempoyak ini adalah ikan jelawat, ikan paten, ikan baong, ikan seluang dan udang yang jenisnya besar seperti udang galah.

  1. Bumbu
  1. Bahan bumbu

Bumbu utama dari gulai tempoyak ini adalah daging durian yang telah diawetkan dengan garam, bumbu ini disebut dengan tempoyak. Selain tempoyak, adalah cabai, kunyit dan garam secukupnya.

  1. Cara mengolah bumbu

Cara membuat tempoyak ini adalah dengan melepaskan isis atau daging buah durian dari bijinya. Daging tersebut diberi gara secukupnya, masukkan dalam wadah lalu ditutup, biarkanbeberpa hari. Tempoyak yang tlah diawetkan ini tahan lama sampai 6 bulan. Jika pembuatannya bersih dan ditempatkan pada tempat yang tertutup rapi akan tahan sampai 1 tahun.

Cara mengolah:

  1. Ikan dipotong-potong sekitar 5-10 cm atau sesaui dengan selera. Jika ikan seluang cukup dibersihkan kotorannya tidak perlu dipotong, karena ikannya kecil.
  2. Masukkan air ke adalam wadah yang telah disiapkan bersama dengan tempoyak.
  3. Jika menggunakan cabai kering, maka endamlah cabai tersbut dengan air panas. Setelah cabai agak lembut kemudian tumbuklah sampai halus. Jika menggunakan cabai segar tidak perlu ditumbuk, tapi cukup diiris melintang supaya kelihatan indah.
  4. Tumbuklah kunyit hingga halus bersama sedikit garam, karena tempoyak memang sudah asin.
  5. Masukkan cabai dan kunyit yag telah ditumbuk ke dalam air yang telah dicampur dengan tempoyak.
  6. Masukkan ikan yang telah dipotong ke dalam air yang telah dicampur bumbu tadi.
  7. Setelah mendidih, lalu masukkan gula seperlunya, sesuai dengan selera. Untuk menambah kenikmatan boleh ditambah dengan vetsin. Biarkan terus mendidih, setelah empuk atau masak kemudian diangkat, dan siap untuk dihidangkan.

Cara memasak: dimasak di atas api (dengan kompor) denga menggunakan wadah atau panci

Cara penyajian:

Menghidangkan gulai tempoyak ini sama dengan penyajian gulai yang lain, sepeeti gulai kambing dan sejenisnya. Masukkan ke dalam wadah yang telah disiapkan, kemudian di atasnya ditaburi dengan bawang goreng supaya menambah menarik. Hidangkan bersama lauk pauk yang lain atau sayur  yang sia dimakan.

Cara makan: gulai tempoyak ini sebagai lauk pauk atau pelengkap makan nasi.

Fungsi (sehari-hari, pengobatan, upacara): sehari-hari, upacara

Nilai budaya: nilai kesehatan, nilai kebersihan dan membiasakan untuk tertib

 

Sumber data: Asmara, U. Husna. 1997. “Aneka Resep Masakan Khas Kalbar”. Pontianak: Penerbit Romeo Grafika.

Penginput data: Neni Puji Nur Rahmawati