Katalog Buku Maluku

Menampilkan 1 - 16 dari 64
  • PEMALI TANJUNG HATUHURAN SIMBOLISASI EKSISTENSI DIRI KEKINIAN ORANG HATUSUA

    Pemali adalah jenis tradisi setengah lisan dan merupakan bagian dari kepercayaan rakyat. Pemali adalah pantangan atau larangan yang secara tidak langsung tercipta di kalangan masyarakat dan dituturkan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

  • KEKERABATAN BAHASA HITU DAN BAHASA LUHU KAJIAN LINGUISTIK HISTORIS KOMPARATIF

    Bahasa Hitu dan bahasa Luhu adalah dua bahasa kerabat di Maluku yang mempunyai hubungan yang cukup dekat sama lain. Ditengarai, pada awalnya bahasa Hitu dan bahasa Luhu merupakan bahasa yang berasal dari moyang yang sama.

  • MITOS DALAM MASYARAKAT ADAT PULAU BANDA KEBUPATEN MALUKU TENGAH

    Kepulauan Banda masuk dalam wilayah Kecamatan Banda, Kab Maluku Tengah, Maluku, Indonesia dengan pulau Banda Neira sebagai pusat administratif.

  • HIKAYAT PATTIYAWAELLO PEMIMPIN HENAKAHU DI PULAU NUSA LAUT DAN KAPITAN MATAHAA

    Hikayat Pattiyawaello Peminpin Henakahu di Pulau Nusalaut dan Kapitan Raksasa Matahaa adalah salah satu secrita rakyat di daerah Kecamatan Nusalaut, Kab. Maluku Tengah.

  • FUNGSI DAN BENTUK KELAS KATA BAHASA TULEHU

    Secara keseluruhan kelas kata bahasa Tulehu dapat dilihat dari segi fungsi dan bentuk dengan memunculkan banyak ciri khas bahasa tersebut.

  • FONOLOGI BAHASA SIRISORI

    Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahasa Sirisori memiliki 23 buah fonem segmental yang terdiri atas 15 konsonan, 8 vokal (monoftong), dan 5 diftong.

  • SIKAP MASYARAKAT DESA ABORU TERHADAP BAHASA INDONESIA

    Buku yang berjudul Sikap Masyarakat Desa Aboru terhadap Bahasa Indonesia ini merupakan hasil penelitian.  Selain menjelaskan sikap masyarakat Desa Aboru terhadap bahasa Indonesia, juga untuk menguak dan memberi penguatan terhadap situasi dan kondisi sosial kemasyara

  • PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN MITOS IKAN LOMPA TINJAUAN STRUKTURALISME LEVI-STRAUS

    Struktur mitos ikan lompa memiliki hubungan kesamaan dengan struktur berpikir masyarakat Desa Haruku. Kehidupan masyarakat Desa Haruku yang dalam cerita mitos ikan lompa diwakili oleh sosok buaya Learissa Kayeli merupakan sosok yang ramah dan penolong.

  • BAHASA DAN SASTRA LISAN KEPULAUAN BANDA DALAM PERSPEKTIF POSKOLONIAL

    Berdasarkan hasil penelitian, maka sastra lisan yang berasal dari Kepulauan Banda baik yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Pulau Banda Besar maupun yang ada di Pulau Banda Naira sangat sedikit.

  • SISTEM PENGETAHUAN KEMARITIMAN ORANG-LONGGAR-APARA DI KEPULAUAN ARU

    Orang Longga Apara di Kec. Aru Tengah Selatan Kab. Kepulauan Aru adalah salah satu dari antara masyarakat maritim. Hal ini dapat diterjemahkan dalam perangkat perahu yang merupakan peralatan kemaritiman.

  • JEPANG DI PULAU SELARU MALUKU TENGGARA BARAT

    Pendudukan Jepang atas pulau Selaru merupakan langkah strategis untuk menguasai wilayah selatan sekaligus sebagai basis pertahanan untuk selanjutnya menyerang dan melumpuhkan kekuatan pasukan Sekutu di Australia.

  • BANDA DALAM PERSPEKTIF SEJARAH MARITIM JEJAK KEBAHARIAN ORANG BANDA YANG HILANG

    Salah satu kelompok masyarakat bahari yang terungkap aspek kesejarahannya terutama ikut serta dalam penciptaan ruang bahari nusantara adalah masyarakat bahari di kepulauan Banda.

  • DESTINASI PARIWISATA BANDA NAIRA STUDI IMPLEMENTASI KEPUTUSAN STRATEJIK

    Buku ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang berbagai persoalan yang muncul dilapangan ketika sebuah perencanaan stratejik diimplementasikan.

  • HIBUA LAMO DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT ADAT TOBELO DI HALMAHERA UTARA

    Hibua Lamo yang berarti rumah besar telah dijadikan simbol masyarakat adat di Halmahera Utara sekaligus simbol pemerintah Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara.

  • SEJARAH DAN TRADISI LISAN ORANG TANIMBAR  SUATU PEMETAAN MEMORI KOLEKTIF SEBAGAI PEREKAT DAN IDENTITAS MASYARAKAT KEPULAUAN

     

  • ISLAM DI BANDA NAIRA CENTRA PERDAGANGAN REMPAH-REMPAH DI MALUKU

    Dalam konteks sejarah Islam, Banda Neira mempersentasikan dirinya sebagai produsen tunggal buah pala, buah yang sangat mahal dan dibutuhkan di berbagai belahan dunia.