Katalog Buku Jawa Tengah

Menampilkan 1 - 16 dari 195
  • STUDIO SEJARAH RESTORASI CANDI BOROBUDUR

    Candi Borobudur merupakan karya agung nenak moyang Indonesia masa DInasti Syailendra abad ke 8 M, dan diakui sebagai warisan budaya dunia nomor 348 tanggal 13 Desember 1991, kemudian diperbaharui menjadi nomor C 592 tahun 1991.

  • SELAYANG PANDANG CANDI BOROBUDUR & CANDI MENDUT CANDI PAWON

    Cagar budaya merupakan arti penting bagi kebudayaan bangsa Indonesia. Cagar budaya menjadi bukti nyata kejayaan Bangsa Indonesia di masa lampau, yang dapat digunakan untuk memupuk kebanggaan nasional serta memperkokoh jati diri bangsa.

  • PENGRAJIN TRADISIONAL DAERAH JAWA TENGAH

    Kehidupan para pengrajin sehari-hari berdasarkan pada tradisi yang telah berlaku tanpa mengalami banyak perubahan.

  • KONSEP PATHET DALAM KARAWITAN JAWA

    Pathet merupakan salah satu konsep musikal di dalam karawitan yang dapat disejajarkan dengan konsep-konsep musikal yang ada di dalam musikologi barat itu mempunyai nasip yang mirip seperti karya budaya tradisi lainnya.

  • MAKNA TEMPAT PETILASAN DAN SAJEN DALAM TRADISI PERANG OBOR DI TEGALSAMBI TAHUNAN KABUPATEN JEPARA

    Perang obor sudah dilaksanakan tiap tahun di Desa Tegalsambi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. 35 hari sebelum penyelenggaraan upacara perang obor masyarakat mengadakan ritual atau barikan ke makam leluhur dan menggunakan sajen untuk persembahan.

  • POLA ASUH ANAK PADA RUMAH TANGGA NELAYAN TEGALSARI DI KOTA TEGAL, JAWA TENGAH

    Anak- anak nelayan dari semenjak kecil sudah terinternalisasi nilai-nilai budaya dan tersosialisasi pola perilaku masyarakat nelayan di sekitar tempat tinggal mereka.

  • BUDAYA SPIRITUAL PARAHYANGAN DI "TANAH MATARAM" : SISTEM KEPERCAYAAN KOMUNITAS ADAT TAJAKEMBANG DAYEUHLUHUR-CILACAP

    Budaya spiritual komunitas Tajakembang direpresentasikan melalui aktivitas keseharian yang menggabungkan antara pertanian dengan sistem kepercayaan yang telah ada secara turun-temurun.

  • JURNAL KONSERVASI CAGAR BUDAYA BOROBUDUR VOL. XI NO. 2 DESEMBER 2017

    Jurnal Borobudur  Volume XI Nomor  2, Desember 2017 ini memuat 7 (delapan) artikel, meliputi :

  • JURNAL KONSERVASI CAGAR BUDAYA BOROBUDUR VOL. 11 NO. 1 OKTOBER 2017

    Jurnal Borobudur  Volume 11 Nomor  1, Oktober 2017 ini memuat 7 (delapan) artikel. 5 (lima) artikel terkait dengan konservasi tradisional.  Adapun 7 (tujuh) artikel yang tercantum didalam Jurnal Borobudur  ini meliputi :

  • PADALANGAN 2

    Buku Padalangan 2 karangan M.A Salmun berisikan tentang asal usul dan sejarahnya wayang mulai dari usaha menciptakan, mengumpulkan, memperindah serta mempertunjukannya di muka umum untuk kepentingan suatu upacara tertentu yang dilaksanakan oleh masyarakat khususnya

  • CERITA BERGAMBAR RELIEF JATAKA

    Salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman nilai budaya bangsa Indonesia yang luhur terdapat di relief Candi Borobudur kepada anak-anak, maka disusunlah naskah buku cerita bergambar “Jataka”.

  • SELAYANG PANDANG CANDI BOROBUDUR CANDI MENDUT DAN CANDI PAWON

    Cagar budaya mempunyai arti penting bagi kebudayaan bangsa Indonesia. Cagar budaya menjadi bukti nyata kejayaan Bangsa Indonesia di masa lampau, yang dapat digunakan untuk memupuk kebanggaan nasional serta memperkokoh jati diri bangsa.

  • CERITA BERGAMBAR RELIEF KARMAWIBHANGGA CANDI BOROBUDUR

    Buku ini adalah sebuah usaha membaca kembali relief Karmawibhangga – sejumlah relief yang terdapat di kaki Candi Borobudur. Relief-relief tersebut tak tampak karena tertutup oleh kaki candi. Pada tahun 1885 J.W.

  • KONSERVASI KERAMIK

    Keramik merupakan benda cagar budaya bergerak yang rentan terhadap kerusakan dan proses pelapukan.

  • GUSJIGANG  ETOS KERJA DAN PERILAKU EKONOMI PEDAGANG KUDUS

    Gusjigang diyakini oleh masyarakat Kudus sebagai personifikasi dari Sunan Kudus. Gusjigang memiliki tiga kata kunci yaitu gus-bagus, ji-ngaji dan gang-dagang.

  • JURNAL KONSERVASI CAGAR BUDAYA BOROBUDUR VOL. 10 NO. 2, DESEMBER 2016

    Salah satu upaya pelestarian Cagar Budaya adalah dengan mempublikasi hasil kajian konservasi cagar budaya dalam bentuk penerbitan Jurnal Borobudur, yang pada tahun 2016 ini sudah memasuki volume ke 10.