Katalog Buku Kalimantan Selatan

Menampilkan 1 - 16 dari 124
  • ARSITEKTUR TRADISIONAL DAERAH KALIMANTAN SELATAN

    Arsitektur Tradisional Banjar, dalam perkembangannya dipengaruhi pula oleh unsur budaya luar. Selain adanya jalinan antara budaya Dayak dan Banjar, juga Melayu dan Jawa. Kemudian pengaruh Cina dan Eropa turut mewarnai pula arsitektur tradisional tersebut.

  • KAJIAN ESTETIS PERTUNJUKAN MUSIK PANTING

    Musik panting turut serta dalam membangun dan membentuk keteraturan sosial masyarakat Barikin. Melalui pertunjukkannya musik panting dapat menjadi media bagi masyarakat untuk mengekspresikan dirinya.

  • BATIMUNG

    Dengan adanya empat kebudayaan yang ada di Kabupaten Tapin, maka tidak mengherankan banyak pencampuran budaya disitu. Salah satu yang masih bertahan adalah beberapa kosakata yang masih dipakai oleh masyarakat.

  • DIASPORA DAN KETAHANAN BUDAYA ORANG BUGIS DI PAGATAN TANAH BUMBU

    Secara khusus, ketahanan budaya orang Bugis di Pagatan bisa dilihat dari banyak hal yang telah mereka lakukan, diantaranya meneruskan kehidupan sebagai pedagang, pelaut atau nelayan; berkomunikasi dalam bahasa Bugis; melaksanakan upacara adat dan upacara keagamaan,

  • PEDAGANG DAN GERAKAN PERLAWANAN TERHADAP KOLONIAL BELANDA PADA MASA PERANG BANJAR

    Aspek perang Banjar bagi masyarakat Banjar merupakan salah satu episode penting dalam sejarah pergerakan masyarakat Kalimantan melawan kolonialisme Belanda.

  • KEPERCAYAAN TRADISIONAL MASYARAKAT DAYAK MERATUS

    Masyarakat Dayak Meratus merupakan salah satu etnis asli yang mendiami kawasan Kalimantan Selatan.

  • KARYA LUKIS BERNUANSA LINGKUNGAN KALIMANTAN BARAT

    Lukisan-lukisan koleksi Museum Lambung Mangkurat yang dideskripsikan dan dipublikasikan sebagai lukisan bernuansa lingkungan ini berjumlah tiga belas buah koleksi.

  • SASIRANGAN  KAIN TRADISIONAL KALIMANTAN SELATAN

    Sasirangan merupakan nama sejenis kain yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan. Sasirangan artinya kain yang diberi gambar dengan corak tertentu yang sudah dipolakan secara tradisional menurut citarasa budaya khas etnis Banjar.

  • TINGKAT KESADARAN SEJARAH SISWA SMTA DAN MASYARAKAT DI PROPINSI KALIMANTAN SELATAN

    Didalam buku ini dikemukakan tentang di lapangan ada ditemukan mengenai kesadaran sejarah yang berhubungan dengan evaluasi sejarah, analisa sejarah dan partisipasi sejarah.

  • PELABUHAN SUNGAI DAN PERSEBARAN ISLAM DI KALIMANTAN SELATAN

    Dalam konteks penyebaran Islam di Kalimantan Selatan, pelabuhan sungai yang hanya terdapat di pinggiran kawasan di sepanjang sungai yang mengalir (baik sungai besar ataupun anak sungai), memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dilihat dari keberadaan pelabuhan sungai it

  • KEARIFAN TRADISIONAL MASYARAKAT DAYAK HALONG DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KALIMANTAN SELATAN

    Mitos merupakan sarana komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan dari satu individu ke individu yang lain atau dari satu kelompok ke kelompok yang lain bahkan menjadi sarana komunkasi antara masa lalu dan masa kini.

  • NADITIRA WIDYA BULETIN ARKEOLOGI VOL. 10 NO. 2 

    Buletin Arkeologi Vol. 10 No. 2 ini terdapat 6 (enam) judul tulisan. Meliputi, tulisan Indah Asikin Nurani membahas mengenai temuan-temuan arkeologi di Dolina Kidang dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan.

  • NADITIRA WIDYA BULETIN ARKEOLOGI VOL. 10 NO. 1 

    Terbitan buletin ini mencoba memainkan peran pengkajian, pengembangan, dan gagasan pelestarian agar objek arkeologi dapat dimanfaatkan dalam kondisi yang mendekati ideal. Berkaitan dengan maksud pengkajian, Bambang Sugiyanto memaparkan kajiannya mengenai rock-art.

  • JURNAL PENELITIAN ARKEOLOGI KINDAI ETAM VOL. 1 NO. 1 NOVEMBER 2015

    Edisi perdana jurnal ini hadir dengan mengusung tema "Pemukiman dan Religi". Tema ini dijabarkan dalam lima judul artikel yang kesemuanya merupakan hasil penelitian dari peneliti Balai Arkeologi Banjarmasin.

  • JURNAL PENELITIAN ARKEOLOGI KINDAI ETAM VOL. 2 NO. 1 NOVEMBER 2016

    Jurnal Kindai Etam Volume 2 Nomor 1 Tahun 2016 ini mengusung tema "Arkeologi Keruangan dan Tradisi". Arkeologi keruangan adalah sebuah pendekatan yang mengkaitkan hubungan antara lokasi dan tinggalan arkeologi terutama dalam konteks bentuk, fungsi dan persebarannya.

  • BATATAMBA  PENGOBATAN TRADISIONAL DI KALIMANTAN SELATAN

    Dalam masyarakat di Kalimantan Selatan, prosesi pengobatan secara tradisional dinamakan dengan istilah batatamba. Batatamba memiliki keunikan tersendiri dan local wisdom (local genius) yang terwariskan dari generasi ke generasi.