Seminar Hasil Penelitian Sejarah dan Budaya Balai Pelestaria

Seminar Hasil Penelitian Sejarah dan Budaya Balai Pelestarian Nilai Budaya Se-Indonesia

 Setiap tahun sebelas Balai Pelestarian Nilai Budaya se-Indonesia melalui dua orang perwakilan, peneliti sejarah dan budaya, berkumpul dan menampilkan hasil penelitian masing-masing. Selain bertujuan untuk berbagi ilmu dan informasi, pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pejabat fungsional peneliti. Selain diskusi, guru besar di bidang ilmu sejarah dan sosial dihadirkan  untuk mengupas kajian dari penampil dan dilanjutkan dengan memberi kritik saran dan masukan.

            Pada tahun 2013 seminar dilangsungkan di Bali pada 22 hingga 24 Juni. Bertempat di Hotel Inna Bali Beach acara seminar diselenggarakan bersamaan dengan gelar pameran hasil penelitian dari kesebelas Balai. Dari BPNB sendiri mendelegasikan Moch. Andri WP yang membawakan tulisan bertema alienasi masyarakat perbatasan di Kalimantan Timur dan Dana Listiana yang menampilkan kajian tentang perkembangan bentuk dan struktur kota kolonial di Pontianak.

            Panitia penyelenggara juga mengagendakan kunjungan ke kampung tradisional masyarakat Bali Aga di Penglipuran, Bangli dan Kintamani. Acara ditutup oleh penampilan tari berupa tari kreasi dari Tanah Sunda dan Aceh juga pengumuman kesepakatan bahwa lokasi seminar mendatang akan diselenggarakan di Padang.