PAMERAN KESEJARAHAN DAN NILAI BUDAYA DI KOTA SINGKAWANG

PAMERAN KESEJARAHAN DAN NILAI BUDAYA DI KOTA SINGKAWANG

Pameran tunggal Nilai Kesejarahan dan Budaya oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Pontianak di Kota Singkawang. Bekerjasama dengan Dinas Budparpora Kota Singkawang, pameran ini berlangsung selama tiga hari di Gedung PIP Kota Singkawang, 9 – 11 November 2014. Kegiatan Pameran tentang Nilai-nilai Kesejarahan dan Budaya ini sendiri berada di antara rangkaian momen perayaan hari jadi Kota Singkawang, dan pelaksanaan Festival Budaya Melayu se-Kalimantan Barat di Kota Singkawang.

Pameran yang mengambil tema “Menggali Permata di Bumi Khatulistiwa” bertujuan untuk memberikan infomasi tentang Nilai-nilai Kesajarahan dan Budaya Kalimantan kepada masyarakat luas. Sehingga tidak saja buku-buku sejarah dan kebudayaan yang ditampilkan dalam pameran ini. Beberapa teks naskah kuno, lukisan dan foto-foto sejarah perjuangan, serta benda-benda budaya dan kebudayaan dari jaman Hindia Belanda hingga sekarang juga turut ditampilkan. Bahkan, film-film dokumenter juga turut di putar dan ditampilkan dalam pameran ini.

 

Dengan kegiatan pameran ini, diharapkan masyarakat dapat mengenal dan mencintai sejarah dan kebudayaan daerahnya sendiri. Sehingga kecintaannya terhadap sejarah dan kebudayaan sendiri, pada gilirannya dapat meningkatkan identitas jati diri kebudayaan daerah.