LAWATAN SEJARAH DAERAH KALIMANTAN BARAT

LAWATAN SEJARAH DAERAH KALIMANTAN BARAT

  Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah merupakan salah satu kegiatan rutin tahun anggaran 2013 yang dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB). Pelaksanaannya dilaksanakan di daerah Kalimantan Barat dan pesertanya dari Kabupaten Sanggau, Kab Kubu Raya dan Kota Pontianak. Peserta dari Kabupaten Sanggau dibawa ke Pontianak dengan menggunakan 2 buah bis yang dicarter selama 4 (empat) hari. Adapun tema Laseda XII Kalbar adalah “Peninggalan Sejarah Kalbar Sebagai Bukti Jati Diri Dalam Rangka  Penguatan Karakter Bangsa”. Kegiatan ini dimulai tanggal 29 Agustus-1 September 2013. Acara pembukaan dilaksanakan tanggal 29 Agustus di Aula Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Pontianak. Kegiatan ini dibuka resmi oleh Direktur Nilai Sejarah Kemdikbud Drs Endjat Danudradjat yang dihadiri oleh para undangan. Acara penutupan tanggal 31 Agustus 2013 dilaksanakan di Ulin Room Hotel Kapuas Dharma Pontianak.

Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah(Laseda) XII ini diikuti oleh 75 orang peserta yang terdiri dari 50 orang siswa-siswi SMU/SMK dan 5 orang guru sejarah dari Kabupaten Sanggau dan 20 orang peserta yang berasal dari Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan dilakukan dengan mengadakan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Kab Pontianak, Kota Pontianak ( Makam Juang Mandor, Keraton Kadriyah, Kebon Sayoek,Makam Batu Layang, Museum, Pasar Kapuas).

 Dalam kegiatan ini juga diikuti dengan beberapa kegiatan pendukung diantaranya adalah diskusi dengan nara  sumber, tugas kelompok antar peserta lawatan dan membuat laporan hasil lawatan sejarah dan selanjutnya mempresentasikannya dihadapan para peserta, narasumber dan panitia pelaksana. Selain itu juga diadakan acara penutupan dengan mempersembahkan lagu daerah, baca puisi dan tari-tarian, dan pantomin serta penyerahan hadiah kepada para peserta yang juara.  

Menurut para peserta, pelaksanaan kegiatan LASEDA ini sangat berarti dan mendukung dalam penyampaian materi pelajaran sejarah di sekolah. Materi sejarah lokal sangat penting untuk diketahui karena banyak arti yang bisa dipetik. Kegiatan Laseda Kalbar berjalan dengan lancar. Selama kegiatan, panitia juga mengamati kreativitas peserta dan pada akhir kegiatan dipilih dua orang peserta lawatan sejarah sebagai peserta yang akan diutus untuk mengikuti Kegiatan Lawatan Sejarah Nasional XI yang diselenggarakan di Propinsi Jawa Timur pada tanggal 7-11 September 2013. Adapun peserta yang diutus  adalah: Judith Brenda dari SMA N 2 Kab Sanggau dan Novtia Mihing dari SMA K Imanuel Pontianak dan didampingi oleh Dra Juniar Purba.M.Si.