Bimbingan Teknis Sinematografi

Bimbingan Teknis Sinematografi

 

Kegiatan Bimbingan teknis Perfilman yang diselenggarakan oleh Direktorat Perfilman, Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film, Kementreian Kebudayaan dan Pariwisata dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di bidang perfilman khususnya dalam hal produksi perfilman dari tanggal 16-20 Oktober 2011 di Hotel Ibis Kemayoran Jakarta.

 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Dirjen NBSF, Bapak Drs. Ukus Kuswara, M.M yang dirangkaikan dengan kegiatan lainnya seperti kegiatan Bimtek dari Direktorat Kesenian dan Bimtek dari Direktorat Kepercayaan. Semua kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia di bidang budaya, seni dan film. Acara pembukaan semua ketiga kegiatan Bimtek ini dilakukan di Hotel Cisarua Indah Bogor.

 

Peserta Bimtek Perfilman ini diikuti sebanyak 28 peserta terdiri dari berbagai direktorat yang ada di bawah Ditjen NBSF dan BPSNT di seluruh Indonesia, kecuali BPSNT Jayapura yang tidak mengirimkan peserta.

Adapun instruktur dalam Bimtek ini antara lain Bpk. H. Sholeh Ruslani, Bapak Dani Syafawi, Bapak Koes Yuliadi, dan Bapak Ari dengan menyampaikan materi yang berbeda. Setelah penyampaian materi peserta dibagi dalam dua kelompok untuk melakukan praktek lapangan dengan didampingi oleh Bapak Sholeh Ruslani Koes Yuliadi dan Pak Ari dengan mengangkat tema yang ada di Kota Tua (Museum Sejarah Indonesia).

 

Selanjutnya diberikan pengarahan kembali oleh mereka dan hasil peliputan tim dari masing-masing kelompok dikumpulkan jadi satu dalam tim masing-masing kemudian diedit ssuai dengan judul yang diangkat oleh kelompok tersebut. Dari Hasil film yang diedit tersebut, kemudian ditampilkan dan dievalusi kembali oleh Bapak H. Sholeh Ruslani dan Bapak Koes Yuliadi. Kemudian acara dilanjutkan dengan penutupan yang disampaikan oleh Direktur Perfilman Ditjen NBSF yang ditandai dengan penyerahan sertifikat secara simbolis keada eserta dari Aceh.