Asam Pedas Ikan, Kuliner Kalbar

Provinsi: 
Kalimantan Barat

Asam Pedas Ikan, adalah salah satu makanan khas dari Kalimantan Barat. Makanan ini adalah jenis lauk-pauk yang dibuat dari bahan ikan. Di semua kabupaten di Kalimantan Barat mengenal jenis kuliner ini.

Kuliner kalbar

Bahan-bahan untuk membuat asam pedas ikan ini adalah sebagai berikut:

  1. Bahan Pokok

Bahan pokok adalah ikan, jenis ikan tersebut ikan laut dan ikan sungai. Jenis ikan laut: tenggiri, kakap putih, kakap merah, senangin dan gembung. Jenis ikan sungai: Lais, Seladang (ikan paten), jelawat, kelabau, sirip ikan belidak, ikan lais.

Kedua jenis ikan tersebut dapat dibuat sayur asam pedas dan keduanya sama enaknya. Pilihan ikan tersebut tergantung kebiasaan, penduduk pantai selalu menggunakan ikan laut, demikian juga penduduk pinggir sungai selalu mempergunakan ikan sungai. Untuk kedua jenis ikan tersebut mudah diapat di setiap pasar di Kota Pontianak. Sebelum diolah sebaiknya ikan tersebut dibersihkan kemudian dipotong kira-kira 2 ½ jari kecuali ikan gembung dipotong dua.

  1. Bumbu

Pemberian bumbu selain menimbulkan aroma yang khas juga dapat mengundang selera untuk memakannya. Adapun bumbu untuk ukuran 1 kg ikan adalah sbb:

  1. Bawang merah 8-10 biji
  2. Bawang putih 6 biji
  3. C. Kunyit 1 cm
  4. Cabe besar/cabe kering: 5 biji atau 8 biji bagi yang tidak suka pedas cukup 5 biji saja.
  5. Keminting (kemiri) 6 buah
  6. Lengkuas sebesar ibu jari kaki atau 5 cm
  7. Serai 2 batang
  8. Garam secukupnya
  9. Asam jawa (kalautidak ada dapat diganti dengan terung asam atau nenas), jangan diberi asam jawa
  10. Bumbu penyedap
  11. Minyak secukupnya

       Bumbu-bumbu dari nomor a –k dihaluskan dan ditumis sehingga aroma tercium kemudian diangkat. Jika tidak memakai asam jawa dapat diganti dengan terong asam kira-kira 2 buah, atau nanas cukup satu buah, dipotong jangan terlalu besar da jangan terlalu kecil.

Cara mengolah:

Pertama-tama didihkan air kira-kira 1 liter (atau secukupnya) di panic dengan ukuran 1 kg ikan. Setelah mendidih masukkan bumbu yang telah ditumis, didihkan kembali kemudian masukkan terung asam atau nanas (bagi yang suka tempoyak dapat ditambah tempoyak kira-kira 5 sendok makan) dan garam didihkan kembali baru kemudian masukkan ikan, biarkan mendidih supaya meresap, kemudian baru dicicipi apakah kurang garam atau tidak, kalau kurang garam ditambah garam, bagi yang suka bumbu penyedap bisa diberikan, bagi yang tidak suka tidak apa, kemudian diangkat.

Cara memasak: dimasak di atas api (dengan menggunakan kompor)

Cara penyajian:

Sayur asam pedas ikan ini merupakan lauk- pauk sehari-hari dapat juga dihidangkan untuk tamu, karena gulai asam ini merupakan masakan khas Kalbar untuk menambah selera makan dilengkapi dengan sambal terasi dan lalap. Agar penampilannya menarik, ikan dimasukkan terakhir supaya tidak hancur.

Cara makan: Masakan gulai asam peda ikan ini  sebagai lauk pauk, jadi dimakan sebagai pendamping makan nasi.

Fungsi (sehari-hari, pengobatan, upacara): sehari-hari

Nilai budaya: dengan memakan masakan gulai asam pedas ikan ini mengandung nilai budaya mencintai negeri sendiri, karena ikan cukup banyak tersedia di Kalbar sehingga kita manfaat hasil alam Kalbar dengan sebaik mungkin.

Foto  

Sumber data: Asmara, U. Husna. 1997. “Aneka Resep Masakan Khas Kalbar”. Pontianak: Penerbit Romeo Grafika.

Penginput data: Neni Puji Nur Rahmawati