Alat Musik Keroni Burong

Provinsi: 
Kalimantan Tengah

Keroni Burong, adalah nama  alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah yang berfungsi sebagai perlengkapan alat-alat musik tradisional.

Alat musik tradisional Kalteng

 

Sejarah:

Menurut cerita sebagian masyarakat pada zaman dahulu alat music Keroni Burong berfungsi sebagai pengiring tarian , drama dan nyanyian. Suku Dayak Siang di Barito Utara pernah menggunakan alat garode sebagai sarana untuk memanggil kekuatan gaib, yang dinamakan Antang Potung Alung Bomban. Ritual tersebut dapat memberikan petunjuk kepada manusia. Kekuatan gaib tersebut biasanya didapatkan lewat mimpi atau ketika individu melihat langsung wujud Antang (seekor burung elang). Antang adalah salah satu jenis burung yang masih dipercaya dapat memberikan petunjuk kepada manusia .   Menurut informasi dari masyarakat, Keroni Burong merupakan alat music yang hamper punah. Hal yang sangat disayangkan adalah tidak adanya lagi yang dapat membuat, ataupun memainkannya. Namun demikian jenis alat music tersebut justru masih dapat kita temukan di daerah sanah Malaysia yang dikenal dengan nama Sompotan. Jenis alat music tersebut sangat dikenal di wialayah Asia Tenggara dan Asia Timur. 

Bahan pembuatan:

Untuk membuat keroni burong digunakan:

  • Labu putih (cucurbitaceae) yang berkulit keras sebagai resonator
  • Pipa bambu temiyang atau bamboo wuluh (schizostachyumlima) sebagai sumber nada
  • Pelepah uthyang, yaitu tanaman sejenis palem (arecaceae)
  • Lem perekat  dari sarang serangga (polistes)
  • Tali pengikat dari kulit kayu yang paling dalam dan yang berkualitas bagus.

Cara pembuatan:

Keroni Burong merupakan jenis alat musik tiup yang menggunakan enam buah pipa bambu. Dipasangkan reed pada setiap ujungnya kemudian dimasukkan dalam sebuah resonansi dari bahan labu putih. Untuk membuat Keroni Burong digunakan labu putih (cucurbitaceae) yang berkulit keras sebagai resonator. Kemudian pipa bambu temiyang atau bambu wuluh sebagai sumber nada. Pada bagian ujung bambu bawah dipasangkan reed yang terbuat dari bahan pelepah utuhyang, yaitu tanaman sejenis palem. Untuk menutup lubang pada pangkal bambu digunakan tali pengikat dari kulit kayu yang paling dalam dan yang berkualitas bagus.

 

Bagian dan ciri*

Jenis alat musik Keroni Burong ini merupakan satu-satunya alat musik organ mulut (mouth organ) yang pernah ada di Nusantara. Tetapi pada saat ini alat musik ini sangat sulit kita jumpai.

 

Sumber data:

Haryanto, 2015. “Musik Suku Dayak. Sebuah Catatan Perjalanan di Pedalaman Kalimantan”. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI

Penginput data: Neni Puji Nur Rahmawati