Alat Musik Katambung

Provinsi: 
Kalimantan Tengah

Katambung, adalah sejenis alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah. Alat musik Katambung ini  memiliki fungsi yang amat penting dalam ensambel musik, seperti pengiring dalam upacara belian, upacara penyambutan tamu agung (karunya), upacara kematian, pengiring tarian (manasai) dan lain sebagainya.

alat musik tradisional Kalteng

Sejarah: Pada saat sekarang , permainan Katambung kadang dikolaborasikan dengan timbal dan alat musik modern yang lain, khususnya untuk mengiringi tarian-tarian di beberapa sanggar.

Bahan pembuatan:

Kayu ulin dan jangat (pengikat) dari rotan. Alat music ini biasanya menggunakan membrane dari kulit binatang (seperti: kijang, biawak, kulit mangkas/sejenis binatang tupai atau kulit bagian dada jenis ikan tertentu. Kemudian untuk mengencangkan atau mengetem membrane, digunakan pasak yang terbuat dari kayu ulin.

Bagian dan ciri*

Katambung terdiri dari berbagai ukuran, ada  yang pendek berukuran panjang 30-50 cm, ukuran garis tengah 25-30 cm, dan ada pula yang berukuran panjang 1,5 hingga 2 meter. Cara memainkan alat music Katambung yaitu degan menggunakan dua pemukul dari kayu khusus yang hanya digunakan untuk bermain Katambung. Kayu tersebut berukuran panjang, kemudian untuk yang berukuran pendek seperti gendeng dalam belian dusun digunakan pemukul dari rotan. Katambung terdiri dari berbagai ukuran , ada pula yang berukuran panjang1,5 hingga 2 meter.

 

Sumber data data:

Haryanto, 2015. “Musik Suku Dayak. Sebuah Catatan Perjalanan di Pedalaman Kalimantan”. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI

Penginput data: Neni Puji Nur Rahmawati